Kompas.com - 14/04/2022, 08:39 WIB
|

KOMPAS.com - Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan berolahraga. Tentu, latihan fisik juga sebagai upaya peningkatan status kesehatan dan kebugaran.

Seseorang dengan aktivitas fisik yang rendah (sedentary) memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap berbagai gangguan kesehatan.

Selain berperan dalam upaya promotif dan preventif, olahraga juga penting dalam program terapi dan rehabilitasi berbagai jenis gangguan kesehatan.

Baca juga: Dosen Unesa: Simak Waktu, Durasi hingga Jenis Olahraga Saat Puasa

Olahraga yang terencana dan terstruktur harus melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang serta ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Sementara aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang membutuhkan energi untuk mengerjakannya, seperti berjalan, menari, mengasuh cucu dan lain sebagainya.

Demikian diungkapkan Agung Prabowo, mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) dalam sosialisasi manfaat olahraga bagi lansia di Dusun Bajang, Wijirejo, Pandak, Bantul, DIY.

Menurutnya olahraga intens dapat memicu otak melepaskan hormon endorphin, adrenalin, serotonin dan dopamin.

"Olahraga bisa bikin kita senang, mampu meredam dan mengelola emosi bahkan meningkatkan suasana hati," ujar Agung dikutip dari laman UNY, Rabu (13/4/2022).

Endorfin bertugas menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stress, sedangkan dopamine dan serotonin dapat memperbaiki nafsu makan dan mengatur siklus tidur. Hormon adrenalin dapat menyeimbangkan hormon stress sehingga membuat suasana hati semakin baik.

Sementara, lanjut usia (lansia) sering dikaitkan dengan usia yang sudah tidak produktif, karena disebabkan oleh perubahan fungsi tubuh, otot, tulang dan sendi, pernafasan serta lansia rentan terkena gangguan kesehatan.

Baca juga: Manfaat Olahraga Saat Puasa ala Dosen Unesa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.