Kompas.com - 01/06/2022, 09:31 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Seperti diketahui, Indonesia memiliki banyak sekali kesenian dan kebudayaan. Bahkan di tiap daerah dan provinsi memiliki kebudayaan dan kesenian yang berbeda-beda.

Saat ini kebudayaan asli masih terus dilestarikan oleh masyarakat dan berbagai suku asli di Indonesia.

Salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya adalah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Provinsi yang terkenal dengan Pulau Komodo ini memiliki budaya khas mulai dari tradisi kuliner, upacara adat, kesenian, sampai dengan kebahasaan.

Dilansir dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (31/5/2022), membagikan informasi budaya khas dari Nusa Tenggara Timur. Apa saja itu? Yuk, simak 5 budaya khas dari NTT.

Baca juga: 6 Tips Persiapan Masuk Kuliah, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu

1. Se’i, daging asap khas Rote

Pengasapan adalah salah satu teknik yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mempertahankan kualitas daging sapi.

Se’i adalah salah satu hasil olahan daging sapi dengan cara pengasapan yang merupakan hasil olahan khas dari salah satu kabupaten di wilayah Nusa Tenggara Timur, yaitu kabupaten Rote Ndao.

Se’i berasal dari bahasa daerah Rote, artinya daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api sampai matang.

Se’i adalah makanan khas suku Rote yang kemudian merambah selera masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT).

2. Aksara Lota

Tidak banyak yang mengetahui apabila di kawasan Nusa Tenggara Timur, khususnya Kabupaten Ende, Pulau Flores memiliki aksara asli daerah tersebut yang disebut dengan Lota.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.