Kompas.com - 12/06/2022, 09:07 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA maupun SMK.

Bagi siswa yang tertarik melanjutkan pendidikan ke SMK, kamu akan dibekali dengan berbagai keterampilan yang bermanfaat.

Dari keterampilan yang diperoleh di bangku SMK, para lulusannya pun memiliki kesempatan lebih lebar untuk bisa segera diserap dunia kerja.

Pemerintah pun mendorong lulusan SMK agar bisa langsung diserap dunia kerja dengan berbagai program yang telah diluncurkan.

Baca juga: Perusahaan Manufaktur Ini Buka Lowongan Kerja bagi S1, Cek Infonya

Namun bagi siswa SMK, selain bisa langsung bekerja, kamu juga punya sejumlah rencana lainnya.

Dilansir dari laman Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Sabtu (11/6/2022), ada sejumlah hal yang bisa dilakukan para lulusan SMK. Tahukah kamu bahwa tahun ini setidaknya ada lebih dari 1,5 juta siswa SMK yang dinyatakan lulus.

5 hal yang bisa dilakukan lulusan SMK

Baik itu bekerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Namun banyaknya pilihan bagi lulusan SMK, sebaiknya dipertimbangkan dengan serius, karena ini menyangkut masa depan kalian.

Lantas, apa saja pilihan yang bisa dilakukan lulusan SMK? Berikut ini beberapa alternatif untuk lulusan SMK yang baru lulus.

Baca juga: Terbanyak, 84 Proposal PKM UGM Dapat Dana dari Kemendikbud Ristek

1. Bekerja

Sebagai pendidikan menengah kejuruan, SMK sejak awal memang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didiknya agar dapat langsung masuk ke dunia kerja setelah menyelesaikan studi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.