Kompas.com - 22/06/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara menjadi salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs).

Mewujudkan tujuan tersebut, Universitas Airlangga (Unair) merekrut pendamping mahasiswa wujudkan kampus ramah disabilitas.

Demi memberikan kontribusi terbaik, Direktorat Pendidikan Unair membentuk tim pendidikan inklusi yang di dalamnya membidangi urusan mahasiswa berkebutuhan khusus (MBK) yang menempuh pendidikan di Unair.

Baca juga: 10 Negara dengan Penduduk Paling Pintar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Tim relawan untuk mahasiswa berkebutuhan khusus

Setiap tahunnya, Unair mengadakan rekrutmen relawan untuk mendampingi MBK dalam proses belajar.

Meski ditawarkan secara terbuka bagi semua mahasiswa, seleksi dengan kriteria tertentu dilakukan untuk menghasilkan relawan yang berkomitmen dan berdedikasi tinggi.

Relawan yang lolos merupakan mahasiswa yang memiliki empati, punya kepedulian, dan niat yang ikhlas dalam membantu sesama.

Selain perekrutan, relawan akan diberikan pembekalan secara komprehensif untuk dapat meningkatkan semangat motivasi belajar dan menjalin kedekatan dengan MBK.

Tim relawan tahun ini telah menjalani sesi pembekalan serta praktik langsung dalam melakukan tugasnya sebagai pendamping pada 18-19 Juni 2022 lalu.

Direktur Pendidikan Unair, Sukardiman menyebut bahwa keberadaan tim pendidikan inklusi bertujuan untuk memetakan dan mengidentifikasi kebutuhan MBK di tingkat program studi.

Baca juga: 5 Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

“Dengan mengetahui kebutuhan setiap MBK, nantinya akan menjadi tindak lanjut bagi direktorat pendidikan serta direktorat sarana dan prasarana untuk memfasilitasi infrastruktur, seperti trotoar, kamar mandi, pintu masuk, juga lift yang ramah disabilitas,” jelasnya seperti dilansir dari laman Unair.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.