Kompas.com - 26/06/2022, 08:47 WIB

KOMPAS.com - Melanjutkan studi di PTN favorit merupakan impian hampir setiap murid. Sayangnya, kuota penerimaan mahasiswa di universitas negeri selalu dibatasi.

Jangan sedih. Masa depanmu tidak otomatis suram jika tidak diterima di PTN. Di Indonesia masih banyak universitas swasta yang kualitasnya tak kalah bagus dibandingkan kampus-kampus negeri.

Jika kamu ingin memilih PTS, berikut hal-hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih PTS, dilansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan.

1. Akreditasi

Jangan asal pilih PTS yang kelihatan mentereng. Hal yang penting adalah akreditasinya.

Makin tinggi akreditasi suatu perguruan tinggi, makin bagus kualitasnya. Selain akreditasi kampus, kamu juga perlu mengecek akreditasi jurusan.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN-PTS 2022: Cara Daftar, Tahapan, Jadwal

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang menetapkan peringkat akreditasi universitas.

Urutannya, Akreditasi Unggul, Akreditasi A, Akreditasi B, dan Akreditasi C. Sedangkan akreditasi jurusan diselenggarakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) dengan urutan peringkat yang sama.

2. Lulusan bermutu

Kamu bisa mengetahui kualitas sebuah PTS dari lulusannya. Cek prestasi membanggakan apa saja yang pernah diraih, lalu cek juga alumni PTS tersebut berkarier dan berkiprah dimana saja.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.