Kompas.com - 27/06/2022, 12:37 WIB
|

KOMPAS.com - Biasanya, anak usia 7 tahun sudah siap masuk Sekolah Dasar (SD). Sebab, di usia ini biasanya anak telah memiliki kesiapan untuk masuk SD atau memiliki kematangan sekolah.

Namun pada kenyataannya, tidak semua anak usia 7 tahun sudah siap masuk SD. Jadi, kesiapan anak untuk bersekolah ternyata tidak hanya dilihat dari sisi anaknya saja, tapi juga dari sisi keluarga, terutama kesiapan orangtuanya.

Melansir laman repositori.kemdikbud.go.id, ada beberapa ciri-ciri anak siap masuk SD, yakni dilihat dari perkembangan fisik, tidak lagi ketergantungan pada orangtua, dan lain-lain.

Baca juga: Ciri-ciri Anak Siap Masuk SD, Orangtua Harus Paham

Panduan menyiapkan anak masuk SD

Dengan melihat ciri-ciri kesiapan anak masuk SD itu, orangtua juga harus punya pesiapan. Ini panduan menyiapkan anak masuk SD:

1. Ajak anak liat lingkungan luar

Sering mengajak anak berkunjung ke lingkungan di luar rumah, tentu agar anak terbiasa dengan berbagai lingkungan yang ada. Misalnya diajak ke pasar, ke warung, atau ke rumah bu RT.

Dorong anak untuk berkenalan dan minta ia memerhatikan kegiatan yang sedang dilakukan di pasar atau warung, dan sebagainya.

2. Tanya anak apa yang dilakukan

Tanyakan pada anak, apa yang telah dilakukannya di hari itu. Hargailah setiap jawaban anak. Hindari pertanyaan yang diajukan bertubi-tubi karena akan membuat anak kesal dan akhirnya tidak mau bercerita.

Baca juga: Anak Masuk SD Usia Berapa? Ini Penjelasannya

3. Ajak berkunjung ke SD

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.