Kompas.com - 30/06/2022, 10:00 WIB

 

KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) telah selesai melaksanakan rangkaian seleksi Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) jenjang sarjana.

Program yang berlangsung sejak tanggal 12 Maret sampai dengan 11 Mei 2022 ini telah melalui rangkaian seleksi meliputi Seleksi Administrasi, Tes Kebhinekaan, dan Seleksi Wawancara.

Sebanyak 1.155 mahasiswa dari 107 perguruan tinggi akademik di Indonesia lolos seleksi yang secara resmi diumumkan pada tanggal 12 Mei 2022.

Melalui program ini, mahasiswa Indonesia diberi kesempatan untuk menempuh studi dan pengalaman belajar di 72 perguruan tinggi kelas dunia di 26 negara di kawasan Asia, Eropa, Amerika, dan Australia.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Indonesia Kuliah di Kota Paling Aman di Dunia

Penyelenggaraan IISMA jalur sarjana pada tahun ini sendiri memperoleh antusiasme yang luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk diketahui, pembiayaan IISMA ditanggung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tercatat, pendaftar program mencapai 7.501 mahasiswa dari 253 perguruan tinggi akademik pada tahun 2022.

Peserta tahun 2022 meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya di angka 2.551 pendaftar.

Pendaftar yang membuat akun di platform pendaftaran IISMA jalur sarjana tahun ini mencapai 19.724 akun.

Lalu pada tahun 2022, jumlah kuota beasiswa juga bertambah menjadi 1.155 kuota dari tahun sebelumnya di angka 1.000 kuota.

Baca juga: Kisah Anak Driver Ojol, Raih Beasiswa Kuliah di Kampus Terbaik Kanada

Keuntungan mengikuti IISMA

Program IISMA jalur sarjana tahun 2022 bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.