Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

“Jurnalisme Berkebangsaan” Bangun Kesadaran Generasi Muda

Kompas.com - 06/07/2022, 18:22 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Media sosial merupakan ruang bebas bagi siapapun untuk mengutarakan pendapat dan menyebarkan informasi.

Seakan berperan sebagai jurnalis, sebagian orang menjadi sumber berita kepada publik, tanpa melakukan verifikasi dan menimbang efek keberlanjutannya di tengah masyarakat. Disinilah pentingnya prinsip jurnalistik bisa membawa pengertian yang bermanfaat.

Untuk pertama kalinya, Kognisi.id menyelenggarakan workshop Jurnalisme Berkebangsaan untuk mengajarkan ilmu jurnalistik dan bagaimana mengimplementasikannya secara baik dan benar kepada generasi muda.

Lebih dari itu, program ini ingin meningkatkan kesadaran tentang makna dan kualitas dari jurnalisme digital.

Program ini merupakan kerja sama antara Kognisi.id by Kompas Gramedia dengan sejumlah universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Jaringan Gusdurian.

Sesi kelas pertama telah berlangsung pada 23 Juni 2022 dan akan terus berjalan hingga 27 Juli mendatang.

Setiap sesi difasilitasi langsung oleh para mentor yang berlatar belakang jurnalis profesional, antara lain Managing Editor Kompas.com Heru Margianto, News Anchor dan Produser Kompas TV Frisca Clarissa, serta COO Kompasiana Nurulloh.

Terbagi dalam enam sesi kelas, workshop ini dilaksanakan secara daring via Zoom untuk sesi diskusi, serta di situs Kognisi.id untuk sesi belajar mandiri.

Melalui materi yang disampaikan, Kognisi berharap bisa mengarahkan peserta untuk menghasilkan konten bermakna sesuai dengan kaidah jurnalistik.

“Program ini menjadi salah satu manifestasi komitmen Kognisi.id sebagai bagian Kompas Gramedia untuk membawa semangat jurnalisme yang mencerahkan," ujar Chief Operating Officer Growth Center Andrea Lusi Anari.

Sederhananya, tambah Andrea, semakin banyak generasi muda yang peka terhadap bagaimana mereka bertindak dan berucap melalui konten yang dibagikan, akan mendorong orang lain untuk lebih kritis dalam menilai sebuah informasi.

Hal ini dapat mendorong generasi muda menjadi mitra media dalam memerangi arus informasi hoaks yang kerap terjadi di dunia maya. 

Selain workshop Jurnalisme Berkebangsaan, masyarakat umum juga dapat menambah wawasan terkait ilmu jurnalistik dengan mengikuti berbagai kursus yang tersedia di Kognisi.id.

Pantau terus Instagram @kognisikg untuk informasi terbaru terkait kursus online dari berbagai kategori dan event menarik lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com