Kompas.com - 07/07/2022, 13:16 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Masa anak-anak ibarat spons yang bisa menyerap apa yang dilihat dan didengar.

Orangtua bisa memberikan banyak kegiatan positif bagi anak agar mereka bisa belajar banyak hal. Dengan anak mencoba banyak hal, dia bisa menemukan kesukaannya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan dari kesukaannya itu, di masa yang akan datang bisa menjadi dasar dalam memilih jurusan kuliah atau profesi yang akan ditekuni.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan orangtua adalah mengenalkan alat musik. Di tahap awal anak bisa tahu bunyi yang dihasilkan berbagai alat musik yang ada.

Baca juga: Ganja Medis Tidak Perlu Dilegalisasi, Ini Alasannya Menurut Pakar UGM

4 manfaat musik bagi anak

Tidak hanya sekadar sebagai kegiatan untuk menambah pengalaman anak, namun belajar bermain musik juga mempunyai berbagai dampak positif bagi anak lho.

Melansir dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kamis (7/7/2022), ada beberapa manfaat bermain musik bagi anak.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak bersama informasi berikut ini:

1. Mencerdaskan otak

Ternyata musik dapat berperan menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak. Hal ini karena saat mendengarkan musik, sel-sel otak anak lebih aktif bekerja.

Baca juga: Dokter Unair Bagikan Tips Atasi Gigi Sensitif

2. Mengembangkan keterampilan dan koordinasi motorik

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.