Kompas.com - 08/07/2022, 10:10 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Penyakit cacingan atau cacing usus rentan terjadi pada usia anak 5-10 tahun. Cacingan bisa segera diatasi dengan segera mengonsumsi obat cacing. Penyakit cacingan ini juga bisa terjadi pada orang dewasa lho. 

Cacing usus merupakan penyakit cacingan adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit dan dapat menyerang manusia.

Penyakit ini sering terbaikan karena jarang sekali berakibat fatal hingga berujung pada kematian.

Namun demikian, jika ada gejala cacingan harus segera ditangani. Karena penyakit ini bersifat kronis dan bahayanya memengaruhi asupan makanan, sistem pencernaan, menganggu penyerapan nutrisi dan proses metabolisme dalam tubuh manusia.

Baca juga: Kimia Farma Apotek Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3, Yuk Daftar

Cacing parasit berbahaya jika berada di saluran pencernaan

dr. Tridjoko Hadianto dari Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) mengatakan, cacing parasit yang merupakan cacing dalam tubuh manusia, tepatnya di dalam saluran pencernaan bisa berbahaya.

Kondisi bahaya ini jika cacing tersebut ikut mengonsumsi makanan yang sudah dicerna dalam perut.

"Jadi cacing tersebut ikut makan dan menghabiskan. Kalau sedikit tidak bermasalah, kalau banyak jadinya berebut antara cacing dengan kita sendiri," ujar dr. Tridjoko Hadianto seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (7/7/2022).

Menurut dia, hal ini menyebabkan orang yang menderita cacingan menjadi kurus dan malnutrisi sehingga juga rentan untuk terkena penyakit lain.

Baca juga: Yuk Intip 5 Alasan Banyak Fresh Graduate Pilih Bekerja di Startup

Jenis cacing yang dapat menginfeksi manusia

Tridjoko menjelaskan, cacing yang dapat menginfeksi tubuh manusia atau yang disebut dengan cacing parasit ada berbagai macam. Beberapa yang banyak ditemui antara lain:

1. Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.