Kompas.com - 10/07/2022, 08:51 WIB

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa baru dan siap merantau ke kampus tujuan, tentu bukan hal mudah.

Selain mempersiapkan keuangan secara matang, belajar mandiri, membeli perlengkapan selama merantau, ada satu hal yang sangat penting kamu lakukan.

Yakni, mencari tempat tinggal atau kos-kosan. Memilih kos, jangan asal mencari. Jangan pula terjebak harga murah dan jangan pula ambil tarif tinggi sementara kamu sendiri tidak mengecek kualitas sarana dan prasarana kos yang kamu pilih.

Memilih tempat tinggal tentunya membutuhkan pertimbangan agar mendapatkan kos sesuai dengan keinginan. Namun terkadang banyak kendala yang dijumpai saat proses pencarian.

Baca juga: Bosan dengan Suasana Kamar Kos? Coba Dekor Ulang Pakai 7 Inspirasi Ini

Seperti keterbatasan waktu dalam mencari kos, selain itu kos yang sudah penuh, kos tidak sesuai keinginan dan banyak pertimbangan lain sehingga sulit mencari kos sesuai dengan kriteria.

Untuk itu, dilansir dari laman Identitasunhas, berikut 10 tips memilih kos-kosan yang layak dan nyaman khusus untuk mahasiswa.

1. Cek kondisi keamanan

Langkah awal memilih kos adalah mencari tahu terlebih dahulu tingkat keamanan lingkungan kos yang kamu inginkan.

Mencari tahu apakah lingkungan tersebut aman dari pencuri, atau memiliki pagar yang aman adalah hal yang menjadi poin penting yang perlu kamu ketahui.

Keamanan dan kenyamanan sangat penting sebab aktivitas mahasiswa lebih banyak dilakukan di kampus dan di kos. Kos yang aman tidak menimbulkan rasa khawatir terhadap barang penting jika kamu sedang tidak di kos.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.