Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Baru, Lakukan 6 Persiapan Ini agar Kuliah Lancar

Kompas.com - 20/07/2022, 12:13 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa baru yang siap kuliah tahun ini, perlu melakukan sejumlah persiapan agar perkuliahan berjalan lancar. Terlebih bagi mahasiswa baru yang akan merantau dan tinggal jauh dari rumah.

Pasalnya, ada perbedaan situasi maupun kondisi belajar pada saat SMA dengan masa perkuliahan. Termasuk perbedaan kondisi lingkungan sosial yang mungkin berbeda dengan tempat tinggal asalmu.

Dilansir dari laman Universitas Medan Area, cek persiapan penting bagi mahasiswa baru:

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa S1, Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku

1. Bangun sikap proaktif

Ketika berada di lingkungan baru, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial. Lalu bagaimana agar kamu dapat menyesuaikan dengan lingkungan tersebut.

Salah satunya adalah bangun sikap diri yang proaktif. Dengan memiliki sikap proaktif maka kehidupan sosial kamu lebih terasa mudah.

Misalnya ketika kamu tidak mengetahui sesuatu hal dalam lingkungan kampus, maka kamu akan berusaha untuk mencari tahu sendiri tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

Jangan malu untuk bertanya kepada para pegawai kampus seperti dosen maupun tenaga akademik. Usahalah proaktif dengan bertanya kepada para kakak tingkat (senior) jurusan. Termasuk mencari berita-berita terkait informasi yang ingin didapatkan melalui media sosial maupun website jurusan.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

2. Cari tahu aturan-aturan dalam jurusan dan kampus

Ketika kamu menjadi seorang mahasiswa baru, maka kamu masuk dalam situasi berbeda. Artinya setiap aturan yang dulu kamu anut di sekolah yang lama akan berbeda pada saat kamu berada di jenjang perkuliahan.

Oleh sebab itu, kamu harus aktif mencari informasi terkait aturan-aturan di jurusan, fakultas, maupun universitas.

Tujuannya agar kamu dapat mempelajari atau mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memasuki kegiatan perkuliahan.

Kamu bisa mempelajari aturan-aturan tersebut untuk mengantisipasi masalah yang akan ada nantinya. Sehingga terhindari dari sanksi jika melanggar aturan-aturan tersebut.

3. Pahami akses jalan menuju kampus

Bagi mahasiswa baru yang merantau, ketahuilah akses-akses cepat ke kampus, kost atau lokasi penting lainnya.

Dengan mengetahui akses jalan, maka kamu dapat menentukan salah satu rute terbaik yang bisa menghemat tenaga dan melakukan efisiensi waktu. Termasuk jalur alternatif.

Usahakan bagi kamu yang bertempat tinggal di kost untuk mencari kost di sekitar kampus. Gunannya agar jarak antara kampus dan tempat tinggalmu relatif dekat. Ini dapat mendukung mobilitasmu ke kampus di samping juga hemat biaya transportasi.

4. Buat target UKM yang akan diikuti

Masa perkuliahan merupakan masa di mana kamu akan berkembang secara hard skill maupun soft skill. Salah satu media untuk mengembangkan soft skill kamu adalah mengikuti organisasi. Baik itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau juga LSO (Lembaga Semi Otonom).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com