Kompas.com - 20/07/2022, 12:13 WIB

KOMPAS.com - Mahasiswa baru yang siap kuliah tahun ini, perlu melakukan sejumlah persiapan agar perkuliahan berjalan lancar. Terlebih bagi mahasiswa baru yang akan merantau dan tinggal jauh dari rumah.

Pasalnya, ada perbedaan situasi maupun kondisi belajar pada saat SMA dengan masa perkuliahan. Termasuk perbedaan kondisi lingkungan sosial yang mungkin berbeda dengan tempat tinggal asalmu.

Dilansir dari laman Universitas Medan Area, cek persiapan penting bagi mahasiswa baru:

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa S1, Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku

1. Bangun sikap proaktif

Ketika berada di lingkungan baru, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial. Lalu bagaimana agar kamu dapat menyesuaikan dengan lingkungan tersebut.

Salah satunya adalah bangun sikap diri yang proaktif. Dengan memiliki sikap proaktif maka kehidupan sosial kamu lebih terasa mudah.

Misalnya ketika kamu tidak mengetahui sesuatu hal dalam lingkungan kampus, maka kamu akan berusaha untuk mencari tahu sendiri tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

Jangan malu untuk bertanya kepada para pegawai kampus seperti dosen maupun tenaga akademik. Usahalah proaktif dengan bertanya kepada para kakak tingkat (senior) jurusan. Termasuk mencari berita-berita terkait informasi yang ingin didapatkan melalui media sosial maupun website jurusan.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

2. Cari tahu aturan-aturan dalam jurusan dan kampus

Ketika kamu menjadi seorang mahasiswa baru, maka kamu masuk dalam situasi berbeda. Artinya setiap aturan yang dulu kamu anut di sekolah yang lama akan berbeda pada saat kamu berada di jenjang perkuliahan.

Oleh sebab itu, kamu harus aktif mencari informasi terkait aturan-aturan di jurusan, fakultas, maupun universitas.

Tujuannya agar kamu dapat mempelajari atau mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memasuki kegiatan perkuliahan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.