Kompas.com - 18/07/2022, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Pandemi telah mengubah banyak hal, termasuk dalam kesukaan atau hobi. Banyak menghabiskan waktu di rumah, membuat semakin banyak orang yang kini hobi merawat tanaman hias, bersepeda santai, membaca buku, mendekor rumah dan banyak lainnya.

Hampir semua orang memiliki hobi, namun tak semua orang bisa mengubah hobi menjadi peluang usaha. Padahal, dengan beberapa langkah sederhana, siapapun berkesempatan mengubah hobi jadi rezeki.

Inilah yang dibahas seorang peneliti BRIN, Oos M Anwas dan sang istri yang merupakan akademisi UIN Jakarta, Yuni Sugiarti dalam buku Teknopreneur Aglaonema: Mengubah Hobi Menjadi Rezeki.

Oos bercerita, inspirasi untuk menulis buku tentang upaya mengubah hobi menjadi rezeki dimulai saat ia dan sang istri berjalan pagi di lingkungan sekitar rumah.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

Kala itu, ia banyak bertemu dengan petani tanaman hias Aglaonema. Sayangnya, pohon-pohon Aglaonema yang cantik itu tak terjamah pembeli akibat pandemi dan kurangnya pemasaran.

Dari sana, keduanya membantu para petani bagaimana menjadi teknopreneur, yakni membangun usaha dengan memanfaatkan teknologi untuk pemasaran, seperti marketplace atau sosial media.

"Setiap orang punya hobi, tetapi biasanya konsumtif. Namun, buku ini membahas sebaliknya, bagaimana hobi menghasilkan uang. Salah satu hobi yang dibahas ialah tanaman hias Aglaonema, tetapi banyak hobi lainnya yang bisa dijadikan peluang usaha," tutur Oos dalam kegiatan bedah buku berjudul Teknopreneur Aglaonema: Mengubah Hobi Menjadi Rezeki, di Gramedia Emerlad Bintaro, beberapa waktu lalu.

Di buku ini, Oos juga mengungkap bahwa modal utama seorang teknopreneur bukanlah uang, melainkan soft skill.

"Modal bukan hanya uang, tetapi kerja keras, disiplin, jujur dan inovasi. Inilah yang kami tuangkan dalam buku dengan contoh-contoh nyata agar mudah dicerna dan dipahami oleh membaca," terangnya.

Baca juga: 11 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Tambah Uang Saku hingga Pengalaman

Buku Teknopreneur Aglaonema: Mengubah Hobi Menjadi RezekiDok. KOMPAS.com/AYUNDA PININTA KASIH Buku Teknopreneur Aglaonema: Mengubah Hobi Menjadi Rezeki

Di sisi lain, Yuni yang merupakan penulis utama dalam buku ini memaparkan sejumlah kiat bagaimana seorang teknopreneur Aglaonema mampu memuaskan pembeli.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.