Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Jurus Anti Grogi agar Meeting Percaya Diri

Kompas.com - 21/07/2022, 12:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Meeting atau rapat merupakan sesuatu yang lumrah ditemui saat memasuki dunia kerja. Saat rapat, kita umumnya akan bertemu rekan kerja, atasan, atau klien perusahaan yang bergantung tujuannya.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa meeting merupakan suatu hal yang esensial bagi perusahaan. Tak heran jika kita lantas dituntut untuk tampil sempurna di hadapan orang-orang agar dapat memberikan sebuah kesan baik.

Namun, faktanya, tidak semua orang mampu tampil sempurna saat rapat. Salah satu faktor yang umum terjadi adalah karena perasaan grogi atau cemas. Lantas, kalau sudah demikian, apa yang harus dilakukan?

Vivid F. Anggraini, seorang konselor pendidikan dan motivator pemuda, punya jawaban atas pertanyaan tadi. Ia lantas membagikannya dalam siniar (podcast) Smart Inspiration edisi Smart Career episode “Jurus Anti Grogi dalam Meeting” di Spotify.

Bagi orang yang mengalami grogi atau cemas, rapat di tempat kerja dapat menjadi tantangan. Hal ini bisa terlihat dari perasaan takut untuk berbicara, tidak percaya diri untuk bertanya, hingga khawatir tidak mendengarkan penjelasan dengan baik.

Rapat yang dilakukan secara daring ternyata juga dapat menimbulkan grogi. Terlebih rapat yang dilakukan dalam waktu yang lama bisa sangat menguras tenaga. Para peneliti lalu menyebut hal ini sebagai “Zoom Fatigue”.

Jika tidak segera diatasi, rasa grogi ini dapat memengaruhi kinerja kita. Dirangkum dari Indeed, berikut adalah strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi grogi dalam rapat.

Persiapkan Dirimu

Kita mungkin akan merasa lebih baik jika menghadiri rapat dengan rasa siap. Kesiapan ini bisa dimulai dari mengenakan pakaian yang rapi dan nyaman.

Baca juga: Ini Dia Masalah yang Kerap Muncul Seputar THR

Selanjutnya kita bisa mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang nantinya dibutuhkan saat rapat, seperti air minum, makanan ringan, alat tulis, atau tablet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.