Kompas.com - 25/07/2022, 15:03 WIB
|

KOMPAS.com - Pada peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2022 kali ini, Sanggar Anak Harapan (SAH) mengadakan berbagai kegiatan, 23-27 Juli 2022.

Bertemakan “Berbagi Ceria dan Keberpihakan pada Hak Anak karena Memberi Bukan Berarti Lebih!”, acara digelar di Sanggar Anak Harapan, Tanah Merah, Jakarta Utara serta di kompleks Institut Kesenian Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat.

Adapun kegiatannya ialah perlombaan untuk anak, pawai, pemutaran dan diskusi film, hingga pembuatan mural di ruang kelas Sekolah Harapan.

Baca juga: HAN 2022, Komunitas DTLS Nonton Bareng di Muspusdirla Yogyakarta

Pendampingan terhadap orangtua merupakan kunci dari pendidikan karakter generasi. Hal itu juga yang selama ini telah diterapkan Sanggar Anak Harapan dalam menerapkan pendidikan bagi anak-anak di Tanah Merah.

Ajak semua berkomitmen beri pelindungan anak

Menurut Direktur Sanggar Anak Harapan, Leni Desinah atau yang akrab disapa Kak Desboy, penyelenggaraan pendidikan dan ruang aman sebagai bekal untuk melindungi anak dari kekerasan.

Berangkat dari keyakinan ini, semangat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 menjadi momentum istimewa untuk menolak segala bentuk kekerasan terhadap anak.

Untuk itulah kegiatan ini menjadi bentuk perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak anak agar bebas dari berbagai bentuk kekerasan.

Adapun sasaran utama kegiatan adalah anak-anak, orangtua, dan pemangku kebijakan di lingkungan sekitar, khususnya di wilayah RW 09 Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara.

Baca juga: Peringatan HAN 2022, Kemendikbud Sosialisasikan Lagu Anak Indonesia

"Melalui rangkaian kegiatan di Hari Anak Nasional, kami mengajak orangtua, pendamping, dan pemangku kebijakan agar ikut serta dan berkomitmen penuh dalam perlindungan anak terhadap berbagai bentuk kekerasan," kata Desboy dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7/2022).

Fokus pada pendidikan anak

Dijelaskan, Sanggar Anak Harapan merupakan rumah pendidikan yang berada di kawasan Tanah Merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.