Kompas.com - 14/08/2022, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Jurusan kuliah di bidang engineering dan teknologi menjadi salah satu bidang yang cukup diminati para calon mahasiswa baru di perguruan tinggi.

Prospek kerja setelah lulus dari dua bidang tersebut juga sangat luas.

Jika kamu tertarik memilih jurusan di bidang engineering dan teknologi, ada 4 universitas terbaik dalam bidang tersebut lho.

Empat universitas terbaik di bidang engineering dan teknologi ini berdasarkan pemeringkatan Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject pada tahun 2022.

Baca juga: Lowongan Kerja Indofood bagi Lulusan D3/S1, Fresh Graduate Bisa Daftar

Perlu kamu tahu bahwa, pemeringkatan QS WUR berdasarkan bidang keilmuan diadakan setiap tahun untuk membantu masyarakat mengenali universitas terkemuka di berbagai negara sesuai dengan rumpun atau bidang ilmu tertentu.

QS WUR merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan universitas internasional yang telah menerima persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG) dan dipandang sebagai salah satu sumber yang paling banyak dibaca.

Melansir dari laman resmi www.topuniversities.com, Minggu (14/8/2022) berikut 4 universitas dengan bidang ilmu Engineering & Technology terbaik di Indonesia berdasarkan QS WUR by Subject pada tahun 2022:

Baca juga: Manfaat Dengarkan Musik Klasik Saat Hamil Menurut Dosen Unair

4 universitas terbaik bidang Engineering & Technology 

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

  • Peringkat Indonesia: 1
  • Peringkat dunia: =179
  • Skor keseluruhan: 72,6

2. Universitas Indonesia (UI)

  • Peringkat Indonesia: 2
  • Peringkat dunia: =243
  • Skor keseluruhan: 69,9

Baca juga: Apakah MSG Berbahaya Dikonsumsi Anak? Ini Penjelasan Dosen UM Surabaya

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  • Peringkat Indonesia: 3
  • Peringkat dunia: =257
  • Skor keseluruhan: 69,1

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

  • Peringkat Indonesia: 4
  • Peringkat dunia: =277
  • Skor keseluruhan: 68.3

Itulah 4 universitas terbaik di bidang engineering dan teknologi yang bisa menjadi pilihanmu saat memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi.

Baca juga: Lowongan Kerja Kimia Farma Apotek bagi Lulusan D3-S2, Intip Infonya

Meski kuliah di bidang engineering dan teknologi punya persaingan yang cukup ketat, namun lulusan bidang ini banyak dibutuhkan perusahaan. Sehingga prospek kerja setelah lulus sangat terbuka lebar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.