Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 12:42 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat asam lambung naik, tentu perut menjadi sakit atau perih. Biasanya, asal lambung naik disebabkan banyak faktor.

Salah satunya karena makan tidak tepat waktu. Asam lambung adalah ketika ada sekresi asam berlebih di kelenjar lambung dan menghasilkan gas, bau mulut, sakit perut, serta gejala lainnya.

Hal ini memicu reaksi tidak menyenangkan yang juga sering membuat Anda merasa perut terasa perih. Pasti tidak ada yang suka saat mengalaminya.

Baca juga: 5 Obat Batuk Alami, Info UMA

Tentu, asam lambung cukup mengganggu. Tapi, untuk menghilangkannya ada beberapa cara, yakni obat asam lambung dengan cara alami.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 9 obat alami asam lambung.

Obat asam lambung

1. Gula Merah

Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, gula merah membantu meningkatkan kekuatan usus. Gula merah membantu pencernaan dan membuat sistem pencernaan Anda lebih bersifat basa, sehingga mengurangi keasaman lambung.

Isaplah sepotong kecil gula merah setelah makan, dan rasakan manfaatnya. Karena gula merah juga membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perut selama musim panas atau kemarau.

2. Daun Kemangi

Adapun obat asam lambung berikutnya ialah daun kamangi. Sifat menenangkan dari daun kemangi dapat memberi Anda bantuan instan dari asam lambung.

Saat muncul gas pertama, makan beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Sering-sering juga untuk menghirup daun kemangi. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk keasaman.

Baca juga: 8 Manfaat Alpukat untuk Bayi, Info Stikes Panti Kosala

3. Adas

Selain itu, obat asam lambung bisa minum teh adas setelah makan, untuk mencegah asam lambung. Karena banyak manfaat pencernaan dan adas membantu pencernaan menjadi lancar.

Teh adas juga dianggap sangat berguna untuk membantu gangguan pencernaan dan kembung karena minyak yang ditemukan dalam biji Adas tersebut.

4. Kayu Manis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com