Kompas.com - 18/08/2022, 17:44 WIB

KOMPAS.com – Tim mahasiswa IPB University sukses membuat media pembelajaran interaktif Cakra Nusantara (Caksara) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar (SD).

Caksara merupakan salah satu media pembelajaran interaktif yang digunakan sebagai sarana untuk membantu anak usia kelas satu dan dua SD dapat membaca dalam waktu yang singkat.

Media pembelajaran yang digunakan yakni papan dan kartu, dengan cara bermain sambil belajar.

Baca juga: Ribuan Maba ITS Berhasil Pecahkan Rekor MURI, Ukir Nama Almamater

Tingkatkan semangat belajar siswa 

Caksara sendiri digagas oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) IPB University, yang terdiri dari empat mahasiswa IPB.

Tim PKM-PM Caksara ini diketuai oleh Fenty Wurni Asih dari Ilmu Ekonomi Syariah dan anggotanya yaitu Ramzani Lutfi Syarifah (Kimia), Aldila Widya Putri Oktavia (Biokimia) dan Leica Agis Al Barra (Arsitektur Landskap).

Tujuan tim mengangkat ide tersebut untuk menyelesaikan masalah kemampuan membaca anak-anak di SD Negeri Ciasmara 04, Pamijahan, Bogor yang masih rendah.

“Sebelum mengembangkan Caksara, kami sudah melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru serta survei ke lokasi. Hasilnya didapat 32 siswa dari kelas 1 dan 2 pada tahun ajaran 2021/2022 belum bisa membaca,” ungkap Fenty Wurni Asih, ketua Tim PKM-PM Caksara, dilansir dari laman IPB, Rabu (17/8/2022).

Fenty menambahkan bahwa Caksara sendiri menggunakan sebuah papan jelajah dengan desain wilayah nusantara yang menggunakan model Index Card Match. Model ini sebagai upaya meningkatkan semangat belajar siswa.

Baca juga: Beasiswa Juara 2022 Kemendikbud-Lotte, Beri Biaya Kuliah hingga Rp 200 Juta

“Model mencocokkan soal dengan jawaban bisa melatih siswa untuk mengingat materi yang telah diajarkan dan membuat siswa tidak jenuh dalam belajar,” ujar Fenty.

Caksara sendiri menggunakan beberapa alat peraga, seperti Papan Caksara, Cakra Putar, Pion, Kartu Pertanyaan-Jawaban, dan Kartu Help Me. Setiap alat peraga memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.