Kompas.com - 05/09/2022, 15:47 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, hampir semua anak-anak dekat dengan gawai atau gadget. Sebab, ponsel pintar juga menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Meski demikian, anak-anak tak bisa sepenuhnya bermain gawai atau ponsel pintar saja. Tetapi juga harus bermain yang mengharuskan anak aktif bergerak.

Salah satunya bermain dari permainan tradisional. Ada banyak permainan yang bisa dicoba. Seperti egrang batok, bakiak, dan lompat tali.

Terkait hal itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Annur Galeh Pamungkas mengajarkan anak-anak di sekitar lokasi KKN-nya di Giwangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk bersosialisasi dan bermain menggunakan permainan tradisional.

Baca juga: Serat Rami Diteliti Guru Besar UNY Jadi Bahan Anti Peluru

Wujud "nguri-uri" budaya

Menurut mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PJSD) Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY tersebut membuat dan mencoba memainkan berbagai macam permainan tradisional di tempat KKN bersama para mahasiswa lainnya.

"Selain mengesampingkan penggunaan gadget pada anak, kegiatan ini merupakan suatu wujud untuk nguri-nguri budaya yang hampir punah karena pengaruh perkembangan era digital yang sangat cepat," ujar Galeh dikutip dari laman UNY, Senin (5/9/2022).

Tentunya bagi dia, kegiatan ini sebagai wujud nyata mahasiswa untuk pengabdian secara langsung kepada masyarakat.

Harapannya dari kegiatan ini dapat mengurangi rasa ingin bermain gadget atau gawai pada anak dan menginspirasi orang tua di rumah tentang mainan apa saja yang bermanfaat untuk anak.

Karena dengan berbagai permainan tradisional anak dapat belajar sambil bermain. Serta aktif bergerak di luar ruangan.

Baca juga: Dosen UNY Inovasi Alat Monitoring Sarang Penyu Otomatis

Banyak manfaat permainan tradisional

Dijelaskan, egrang batok adalah permainan egrang yang menggunakan tempurung kelapa atau bambu sebagai pijakan dan diberi tali pengait untuk mengangkat kaki yang dipijakkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.