Kompas.com - 05/08/2022, 13:01 WIB
|

KOMPAS.com - Selama ini, renang jadi salah satu olahraga air yang banyak peminatnya. Mulai anak-anak hingga usia dewasa.

Tapi, bagi kalangan lanjut usia atau lansia sebenarnya juga boleh untuk berenang. Karena ada manfaatnya. Maka, ini penjelasan manfaat berenang bagi lansia.

Menurut Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Subagyo, olahraga yaitu setiap aktivitas fisik ataupun permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur alam, orang lain maupun diri sendiri.

"Apa manfaat olahraga bagi lansia? Olahraga bermanfaat untuk mendukung tujuan hidup sehat, bugar dan bahagia," ujarnya dikutip dari laman UNY, Kamis (4/8/2022).

"Namun begitu juga perlu diketahui olahraga apa yang tepat baginya," imbuh Prof. Subagyo.

Baca juga: Akademisi UNY: Ini Penyebab dan Dampak Pernikahan Dini

Akan tetapi, olahraga renang juga dapat dilakukan oleh lansia. Selama ini olahraga renang banyak diikuti atau dilakukan oleh anak-anak dan usia remaja.

"Namun bagi lansia, nampaknya belajar renang merupakan aktivitas olahraga yang jarang dilakukan. Walaupun begitu olahraga renang sejatinya bagi lansia memiliki beberapa keuntungan," jelasnya.

Manfaat renang bagi lansia

1. Pertama, resiko cidera fisik kemungkinan sangat kecil karena semua aktivitasnya dilakukan di air.

2. Kedua, pada waktu beraktivitas suhu tubuh relatif terkendali, karena suhu air di kolam relatif lebih rendah dari suhu tubuh sehingga kemungkinan untuk dehidrasi dapat dihindari.

3. Ketiga, olaharaga renang menguntungkan bagi lansia yang memiliki berat tubuh berlebih atau bahkan yang sudah dapat dikategorikan sebagai obesitas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.