Kompas.com - 12/09/2022, 14:47 WIB

KOMPAS.com- Universitas Gadjah Mada (UGM) setiap tahunnya menarik animo banyak calon mahasiswa.

Sebab, UGM memiliki reputasi terbaik di tingkat perguruan tinggi negeri Indonesia maupun perguruan tinggi dunia.

Dirangkum dari berbagai sumber, Universitas Gadjah Mada saat ini memiliki 18 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana dan 1 Sekolah Vokasi dengan berbagai macam pilihan program studi.

Segala bentuk kegiatan universitas dituangkan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, UGM, Undip, Unpad Jalur Mandiri 2022

Sejarah UGM

Sejarah UGM dimulai dari perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Didirikan pada periode awal kemerdekaan, UGM didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional.

Berdiri dengan nama Universitas Gadjah Mada, UGM merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang telah lebih dulu didirikan.

Antara lain Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik dan Akademi Ilmu Politik yang terletak di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten, yang disahkan dengan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit.

Makna nama Gadjah Mada mengandung semangat serta teladan Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara.

Hal itu kemudian menjadi rumusan jati diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat kebudayaan.

Baca juga: 25 Jurusan Kuliah IPA, Lengkap dengan Prospek Kerja Setelah Lulus

Pada awal berdirinya UGM, hanya memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.