Kompas.com - 19/09/2022, 11:37 WIB
|

KOMPAS.com - Indonesia yang merupakan negara tropis punya kekayaan alam yang melimpah. Bahkan persebaran flora dan fauna di Indonesia juga merata.

Tetapi, di beberapa daerah punya ciri khas masing-masing. Seperti di wilayah pulau Sumatera merupakan hutan hujan tropis (Tropis basah) atau tipe iklim Af menurut sistem klasifikasi iklim Koppen.

Bagi siswa yang sedang belajar mengenai flora dan fauna Indonesia, maka berikut ini dijelaskan mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia.

Baca juga: Persebaran Fauna di Indonesia

 

Informasi dirangkum dari laman Repositori Kemendikbud Ristek.

Persebaran flora di Indonesia

1. Kawasan Barat (Bercorak Asiatis)

Sebagian besar wilayah pulau Sumatera dan Kalimantan merupakan hutan hujan tropis (Tropis basah). Hutan hujan tropis merupakan vegetasi yang paling kaya baik jumlah jenis makhluk hidup, maupun dalam sumber daya lahan yang dimilikinya.

Hutan ini didominasi oleh pepohonan besar yang membentuk tajuk berlapis-lapis, ketinggian rata-rata 45 meter, rapat dan selalu hijau sepanjang tahun.

Contoh flora di kawasan barat ialah bunga Raflesia Arnoldi dan anggrek.

2. Kawasan Peralihan (Wallace)

Persebarannya meliputi wilayah pulau Sulawesi, Nusa Tenggara dan kepulauan Maluku dengan iklim kering dan suhu udara relatif lebih panas dibandingkan dengan kawasan Indonesia lainnya.

Contoh vegetasi di daerah ini sabana dan stepa di NTT, hutan pegunungan di Sulawesi serta hutan campuran di Maluku. Contohnya seperti pala, cengkeh, kayu manis, lontar.

Baca juga: 3 Perbedaan AN dan UN, Siswa Sudah Paham?

3. Kawasan Timur (Bercorak Australiatik)

Kawasan ini meliputi pulau Papua dengan iklim Af (hutan hujan tropis). Hutan hujan tropis di Papua memiliki kesamaan dengan hutan hujan tropis yang ada di Australia bagian utara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.