Kompas.com - 20/09/2022, 15:47 WIB
|

KOMPAS.com - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta resmi menerima mahasiswa baru sebanyak 6.982 di tahun akademik 2022/2023 ini.

Pada Program Pengenalan Kampus (P2K) 2022 ini, ada sebanyak lima mahasiswa baru yang dinobatkan sebagai mahasiswa termuda UAD.

Salah satunya ialah Muhammad Hidayatullah Fiddien berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang genap berusia 16 tahun pada Oktober 2022 nanti. Atau kini masih usia 15 tahun.

Baca juga: Lulus Kedokteran UB Usia 18, Calista Justru Ingin Mengabdi di Daerah 3T

Hidayat lahir di Desa Leu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 1 Oktober 2006 sebagai anak ketiga dari tiga bersaudara.

Masuk sekolah lebih awal

Ia menceritakan perjalanan menempuh pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga menamatkan Sekolah Menengah Akhir (SMA) sama seperti anak-anak pada umumnya.

"Saya disekolahkan oleh Bapak saya memang lebih awal, ya saya nurut saja dengan arahan dan bimbingan dari Bapak," ujarnya seperti dikutip dari laman UAD, Selasa (20/9/2022).

"Sama seperti anak-anak lain, saya SD 6 tahun, SMP dan SMA juga 3 tahun," imbuhnya.

Ia juga menceritakan bahwa sebelum mendaftar UAD, Hidayat telah mendaftar di dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Universitas Airlangga, Surabaya, dan Universitas Negeri Malang, tetapi tidak lolos pada tahap administrasi.

Baca juga: Upaya Preventif Atasi Klitih Jogja, Tim UAD Gelar Psikoedukasi di SMA

Tak patah arang, ia mencoba mendaftar secara mandiri jalur PMDK-UTBK di UAD dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Dari pendaftaran di UAD dan Udinus, ia ternyata lolos masuk di kedua universitas tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber UAD


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.