Kompas.com - 24/09/2022, 14:47 WIB
|

KOMPAS.com - Apa saja yang harus dipersiapkan saat di semester akhir kuliah? Selain menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, ada beberapa hal yang harus disiapkan.

Salah satunya ialah latihan membuat Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang nantinya akan berguna saat mendaftar pekerjaan.

Jika kamu ingin bekerja di suatu perusahaan, tentu akan butuh daftar riwayat hidup. Meski belum pernah bekerja, tetapi kamu sebagai mahasiswa juga bisa memasukkan pengalaman dalam berorganisasi.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Benar

Jadi, sambil mengerjakan skripsi atau jika kamu sudah menyelesaikan skripsi, maka kamu wajib menyiapkan beberapa hal ini.

Informasi dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut ini 5 hal yang wajib kamu persiapkan:

1. Membuat CV dan portofolio

Usai lulus, tentunya kamu akan melamar pekerjaan di perusahaan. Biasanya mereka akan meminta Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup serta portofolio kamu.

Maka kamu bisa membuat CV yang menarik, jangan lupa untuk mencantumkan foto terbaru di dalam CV.

Sedangkan untuk portofolio, kamu bisa mencantumkan karya-karya yang kamu ciptakan selama kuliah. Namun, pastikan portofoliomu berkaitan dengan pekerjaan yang ingin dituju.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

2. Buat akun di berbagai job portal

Saat ini, teknologi bisa membuat para jobseeker lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Jika dahulu lowongan pekerjaan hanya dipublikasikan melalui koran atau iklan, maka kini kamu bisa temukan hanya dengan menggunakan internet.

Dengan kemudahan tersebut bisa kamu manfaatkan dengan membuat akun di beberapa job portal, misalnya LinkedIn. Hal ini akan membuat perusahaan jauh lebih mudah mengetahui profilmu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.