Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini 7 Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja

Kompas.com - 02/03/2022, 15:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum melamar pekerjaan, kamu harus menyiapkan semuanya dengan baik. Tak hanya curriculum vitae (CV), ternyata kamu juga butuh portofolio.

Apa itu portofolio? Apakah sama dengan CV atau resume? Ternyata portofolio kerja itu berbeda. Bagi para lulusan baru (fresh graduate) tentu harus paham.

Melansir laman KitaLulus, berikut ini 7 cara membuat portofolio lamaran kerja yang baik dan efektif.

Baca juga: KitaLulus: Perhatikan Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Surat Perjanjian Kerja

Portofolio adalah kumpulan dokumen yang berisikan hasil karya dari pekerjaan yang pernah kita lakukan. Selain itu, portofolio juga dapat berisi mengenai riwayat organisasi atau pekerjaan serta pencapaian yang pernah kamu raih.

Selain itu, portofolio menjadi dokumentasi suatu perkembangan kemampuan dan pekerjaan yang telah kamu capai. Portofolio menjadi bukti performa kamu dalam bidang tertentu.

Sebagai contoh, kamu adalah seorang fotografer. Di dalam portofolio, kamu bisa mencantumkan contoh hasil foto, hasil kreasi, atau karya apapun yang menunjukkan kemampuan fotografimu.

Cara membuat portofolio lamaran kerja

Karena portofolio itu adalah dokumen yang tidak memiliki struktur tertentu, maka kamu bisa membuat dan merancangnya sekreatif mungkin.

1. Membuat daftar isi

Hal pertama ialah membuat daftar isi. Dengan begitu, HRD yang membaca portofolio kamu akan lebih dimudahkan.

Mereka jadi bisa mengetahui apa saja informasi yang akan mereka dapatkan dalam portofolio lewat daftar isi.

Baca juga: Bingung Bikin Cover Letter? KitaLulus: Ini Lho Cara Membuatnya

2. Menulis data diri

Jangan lupa untuk menulis data diri dan dilampirkan. Tidak perlu panjang, cukup tulis nama lengkap, serta kontak seperti email, nomor telepon, atau media sosial.

3. Skill kamu dicantumkan

Kamu juga harus mencantumkan skill yang kamu miliki. Sebab, skill menjadi hal pertama yang akan diperhatikan oleh HRD untuk menilai kandidat.

4. Cantumkan hasil kerja terbaikmu

Cara membuat portofolio lamaran kerja lainnya ialah kamu memilih hasil kerja terbaik untuk ditampilkan. Caranya dengan melihat hasil karya paling banyak dapat pujian.

5. Jangan lupa lampirkan pencapaianmu

Misalnya menjadi penulis terbaik di kantor. Atau kamu juga bisa melampirkan review positif yang pernah kamu dapatkan dari klien. Dari semua itu akan menambah nilai kepercayaan terhadap hasil karyamu.

6. Portofolio yang sederhana

Kamu harus membuat portofolio yang sederhana tetapi nyaman untuk dilihat. Coba untuk menghindari portofolio terlalu penuh. Caranya dengan mencantumkan hal-hal yang relevan dengan kerja yang kamu lamar. Fokus isi laman dengan memajang contoh karyamu.

Baca juga: Bale Ayu Indonesia Buka 4 Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK, Daftar di KitaLulus

7. Setiap karya diberi penjelasan

Cara membuat portofolio lamaran kerja lainnya ialah memastikan bahwa portofolio kamu ringkas dan jelas. Kamu bisa menambahkan keterangan pada setiap karya yang kamu masukkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com