Kompas.com - 28/10/2022, 19:07 WIB
|

KOMPAS.com - Apakah rambut Anda sudah mulai ubanan? Atau sudah mulai muncul rambut putih? Kira-kira apa penyebab rambut ubanan?

Rambut berwarna putih atau sering disebut uban identik dengan orang-orang lanjut usia. Nyatanya, sebagian orang dapat memiliki uban lebih cepat.

Warna rambut adalah hasil pewarnaan pada folikel rambut dari zat warna yang disebut melanin. Ada dua jenis zat warna, yaitu eumelanin dan pheomelanin.

Rambut akan berwarna lebih gelap jika eumelanin lebih dominan. Tingkat melanin di dalam tubuh seseorang dapat berubah seiring waktu, yang kemudian menyebabkan rambut juga berubah warna.

Baca juga: 7 Tips Sehat di Musim Hujan dari Ners Unair

Berikut ini beberapa kondisi yang dapat memengaruhi terbentuknya uban. Informasi dirangkum dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair).

Penyebab rambut ubanan

1. Usia

Faktor pertama ialah karena usia. Secara alami, berubahnya warna rambut menjadi abu-abu atau putih terjadi seiring dengan pertambahan usia atau disebut achromotrichia.

Ketika usia kita bertambah, produksi melanin dalam tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan munculnya uban. Hal ini diduga disebabkan oleh bertambahnya kerusakan sel karena penuaan.

Biasanya perubahan warna dimulai pada rambut di dalam hidung, disusul rambut pada bagian kepala, jenggot, kemudian rambut di bagian tubuh lain, terakhir rambut pada alis mata.

2. Faktor genetik

Sedang yang kedua karena faktor genetik. Hal yang satu ini tidak bisa dielakkan. Orang yang rambutnya sudah memutih atau ubanan walaupun usianya masih muda bisa jadi disebabkan oleh faktor genetik.

Itu artinya, orang tua atau kakek-neneknya juga mengalami hal yang sama yakni rambut ubanan saat mereka muda.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Info Ners Unair

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.