Kompas.com - 17/10/2022, 15:27 WIB
|

KOMPAS.com - Memasuki musim hujan tentu semua orang harus bisa menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu butuh tips sehat di musim hujan.

Di musim hujan, tentu hal yang biasa terjadi ialah adanya genangan air hingga menarik perhatian nyamuk. Selain itu, kuman juga cenderung bertahan lama dan lebih rajin berkembang biak pada kondisi lembab.

Maka tidak heran jika saat musim hujan ada banyak penyakit yang mengintai. Seperti flu dan penyakit kulit.

Belum lagi jika banjir melanda, kondisi ini dapat mengundang berbagai penyakit, antara lain demam tifoid, leptospirosis, kolera, malaria, dan demam berdarah dengue.

Baca juga: Ners Unair: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ini tips menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan.

Tips sehat di musim hujan

1. Jaga pola makan

Untuk tips pertama ialah menjaga pola makan. Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Selain itu, makanan yang kaya akan mikronutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh Anda di musim hujan ataupun banjir.

2. Olahraga

Saat hujan, hampir semua orang menjadi malas bergerak atau mager. Tapi, berolahraga pada musim hujan justru akan membuat suasana hati lebih baik.

Halaman:
Sumber Ners Unair


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.