Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

Kompas.com - 06/11/2022, 15:52 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setelah lulus kuliah tentu langkah selanjutnya ialah mencari pekerjaan. Di era sekarang ini memang tidak mudah untuk mencari kerja. Tentu butuh tips mencari kerja untuk fresh graduate.

Namun, mengapa perlu bekerja sesuai dengan jurusan kuliah? Karena hal ini berkaitan langsung dengan minat dan bakat seseorang.

Jadi ketika seseorang bekerja sesuai dengan passion, maka pekerjaan tersebut akan terasa nyaman dan betah. Bahkan kinerja karyawan akan semakin naik. Hal tersebut sangat penting untuk kemajuan di masa mendatang.

Melansir laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta, berikut ini dibagikan tips mencari kerja untuk fresh graduate.

Baca juga: Ijazah Ditahan Perusahaan? Fresh Graduate Pahami 7 Hal Ini

Tips mencari kerja untuk fresh graduate

Perlu diketahui bahwa ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan seorang fresh graduate. Jadi meskipun belum memiliki pengalaman, lulusan baru tidak perlu berkecil hati.

Berikut ini ada beberapa cara mencari kerja setelah lulus kuliah yang bisa diikuti para lulusan baru.

1. Manfaatkan peluang

Adapun tips mencari kerja yang pertama ialah dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Maksudnya ketika ada informasi mengenai lowongan kerja yang sesuai dengan bidang jurusan, maka segera memasukkan lamaran.

Ini karena persaingan melamar kerja semakin banyak. Jadi para pelamar diharapkan memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Jangan hanya terfokuskan pada 1 perusahaan saja. Ambillah kesempatan melamar di perusahaan lain yang membuka lowongan dibidang yang sama.

2. Buat tampilan CV menarik

Selain itu, tampilan CV harus dibuat yang terbaru dan menarik. Sebagai pelamar dengan title “Fresh Graduate” wajib hukumnya untuk memperbarui tampilan CV semenarik mungkin untuk memikat HRD.

Meskipun seorang fresh graduate tidak memiliki pengalaman kerja, namun jika tampilan CV menarik maka akan membantu.

Baca juga: Mandiri Tunas Finance Buka 3 Lowongan Kerja Fresh Graduate

Menarik disini bukan tampilan yang heboh. Definisi menarik disini adalah memudahkan HRD untuk melihat informasi-informasi penting.

Misalnya saja nama, alamat, sosial media, nomor hp, pengalaman organisasi, hingga IPK. Jadi para pelamar perlu memastikan bahwa di bagian CV sudah termuat informasi tersebut.

3. Email harus sesuai

Tentunya, kamu harus hindari menggunakan alamat email yang sembarangan dan aneh-aneh. Untuk melamar kerja, usahakan menggunakan email yang mencantumkan nama pelamar.

Dengan begitu tampilan email akan terlihat lebih formal dan profesional. Ketika pelamar menggunakan email yang asal-asalan, HRD akan menganggap bahwa pelamar tidak profesional.

4. Bisa gunakan aplikasi pencari kerja

Kini ada banyak cara. Untuk memudahkan para fresh graduate mendapatkan informasi lowongan kerja, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi pencari kerja. Seperti saat ini sudah banyak aplikasi pencari kerja yang memudahkan pelamar mendapatkan info lowongan kerja.

Di dalam situs tersebut juga akan dicantumkan mengenai spesifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan. Dengan begitu para pelamar bisa menyesuaikannya sesuai dengan spesifikasi yang dituliskan.

Baca juga: Maybank Finance Buka Lowongan Kerja bagi S1 Fresh Graduate

5. Bisa memanfaatkan relasi

Jika kamu punya banyak teman atau relasi yang sudah bekerja di suatu perusahaan, maka bisa dimanfaatkan. Tanya apakah ada lowongan kerja yang dibuka.

Bahkan ada perusahaan yang mencari karyawan baru berdasarkan rekomendasi dari karyawan yang bekerja disitu. Jadi memiliki kenalan atau relasi yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu memang sangat membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com