Kompas.com - 06/11/2022, 15:52 WIB
|

KOMPAS.com - Setelah lulus kuliah tentu langkah selanjutnya ialah mencari pekerjaan. Di era sekarang ini memang tidak mudah untuk mencari kerja. Tentu butuh tips mencari kerja untuk fresh graduate.

Namun, mengapa perlu bekerja sesuai dengan jurusan kuliah? Karena hal ini berkaitan langsung dengan minat dan bakat seseorang.

Jadi ketika seseorang bekerja sesuai dengan passion, maka pekerjaan tersebut akan terasa nyaman dan betah. Bahkan kinerja karyawan akan semakin naik. Hal tersebut sangat penting untuk kemajuan di masa mendatang.

Melansir laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta, berikut ini dibagikan tips mencari kerja untuk fresh graduate.

Baca juga: Ijazah Ditahan Perusahaan? Fresh Graduate Pahami 7 Hal Ini

Tips mencari kerja untuk fresh graduate

Perlu diketahui bahwa ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan seorang fresh graduate. Jadi meskipun belum memiliki pengalaman, lulusan baru tidak perlu berkecil hati.

Berikut ini ada beberapa cara mencari kerja setelah lulus kuliah yang bisa diikuti para lulusan baru.

1. Manfaatkan peluang

Adapun tips mencari kerja yang pertama ialah dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Maksudnya ketika ada informasi mengenai lowongan kerja yang sesuai dengan bidang jurusan, maka segera memasukkan lamaran.

Ini karena persaingan melamar kerja semakin banyak. Jadi para pelamar diharapkan memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Jangan hanya terfokuskan pada 1 perusahaan saja. Ambillah kesempatan melamar di perusahaan lain yang membuka lowongan dibidang yang sama.

2. Buat tampilan CV menarik

Selain itu, tampilan CV harus dibuat yang terbaru dan menarik. Sebagai pelamar dengan title “Fresh Graduate” wajib hukumnya untuk memperbarui tampilan CV semenarik mungkin untuk memikat HRD.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.