Doctrine-UK Bahas Perubahan Iklim: Kerusakan Lingkungan di Indonesia Terus Terjadi

Kompas.com - 07/11/2022, 10:42 WIB

KOMPAS.com - Indonesia menjadi negara yang tidak luput dari perubahan iklim. Atas dasar itu, pembahasan dan tindakan terhadap perubahan ini tentu dipandang perlu.

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, perubahan iklim telah menyebabkan intensitas El Nino dan La Nina semakin meningkat.

Selain itu, perubahan iklim mengakibatkan terjadinya kenaikan permukaan air laut hingga satu sentimenter setiap tahun untuk delapan puluh tahun ke depan.

Baca juga: Di G20, Anak-anak Empat Benua Suarakan Aksi Nyata Atasi Krisis Iklim

Namun, tidak hanya negara dan kawasan yang ada di dalamnya yang tidak luput dari isu ini. Mahasiswa-mahasiswa Indonesia aktif menyuarakan gentingnya perubahan iklim, bahkan sampai di United Kingdom (UK) atau Britania Raya.

Mahasiswa S3 dari Indonesia berkumpul untuk membahas isu perubahan iklim yang digelar oleh Doctrine-UK.

Diskusi Doctrine-UK merupakan kegiatan yang digelar oleh Doctoral Epistemic of Indonesian in the United Kingdom (Doctrine-UK). Organisasi independen ini didirikan untuk membantu para mahasiswa doktoral agar saling berhubungan, berkolaborasi, dan berkontribusi untuk Indonesia.

Diskusi ini menyajikan pembicara yang sedang melakukan penelitian di bidang iklim dan lingkungan.

Mereka yang berkumpul tersebut merupakan mahasiswa program doktoral yang sedang melakukan riset tentang beragam isu lingkungan di universitas-universitas terbaik Inggris.

Pertemuan dilakukan secara daring menjelang United Nations Climate Change Conference (COP27) yang akan digelar di Sharm El Sheikh, Mesir mulai 6 hingga 18 November 2022.

Baca juga: Youth Fest 2022: Narasi Membangun Ulang Indonesia lewat Isu Oligarki dan Krisis Iklim

Mahasiswa S3 bidang Matematika Iklim di University of Exeter Ida Bagus Mandhara Brasika mengatakan, ini merupakan momentum yang sangat baik untuk mengingatkan dan menagih komitmen pemerintah Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.