Kompas.com - 07/11/2022, 15:37 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar guru pasti mempunyai siswa yang kurang fokus saat belajar di kelas. Karena itu dibutuhkan cara membuat siswa fokus belajar.

Tujuannya tentu agar siswa menjadi lebih fokus, bisa menyerap semua pelajaran yang disampaikan. Hingga akhirnya nilainya nanti bagus.

Konsentrasi siswa dalam belajar harus dijaga supaya tidak menurun. Oleh sebab itu, seorang guru harus tahu apa saja yang menyebabkan menurunnya konsentrasi siswa.

Namun dengan memberikan terlalu banyak tugas pada siswa supaya siswa selalu fokus belajar adalah pemikiran yang kurang tepat.

Baca juga: Pentingnya Aktivitas Fisik untuk Menjaga Kesehatan Siswa

Jika siswa diberikan terlalu banyak tugas yang menyita waktu, tentu justru akan mengalami banyak tekanan yang dapat menyebabkan konsentrasi siswa menurun drastis.

Melansir laman Aku Pintar, ada beberapa cara membuat siswa fokus belajar yang bisa diterapkan oleh seorang guru.

Cara membuat siswa fokus belajar

1. Coba minimalisir gangguan saat belajar

Meski di sekolah adalah tempat untuk belajar bagi siswa, tetapi gangguan kecil pasti selalu ada. Apa saja yang berpotensi menjadi gangguan bagi siswa saat belajar? Keadaan bangku dan kursi siswa harus baik dan seimbang.

Jika tidak segera diatasi dapat mengganggu siswa saat menulis atau beraktivitas di kelas. Suara berisik juga dapat mengganggu siswa dalam belajar.

Hal lain yang dapat menjadi gangguan adalah penampilan guru dalam mengajar misalnya mengenakan baju dengan warna yang tidak serasi, bau parfum yang menyengat, atau memakai aksesoris-aksesoris yang terlalu mencolok.

Baca juga: Siswi SMA Ini Kembangkan Aplikasi Cegah Perundungan

Cara melatih fokus siswa belajar yang efektif tentu dengan menghindari hal-hal yang berpeluang membuat perhatian siswa teralihkan dari materi pelajaran.

Halaman:
Sumber Aku Pintar


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.