Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Makanan Sumber Protein Penting bagi Siswa

Kompas.com - 30/10/2022, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usia anak-anak harus tercukupi nutrisinya, salah satunya asupan protein. Protein adalah sumber gizi penting yang membangun organ, otot, kuit dan hormon.

Tak hanya itu saja, tubuh manusia membutuhkan protein untuk menjaga dan memperbaiki jaringan. Karena itu protein sangat penting bagi tubuh.

Terlebih anak-anak yang membutuhkan zat protein untuk proses pertumbuhan. Selain itu, nutrisi ini dapat menjadi penyumbang kalori pada makanan.

Namun, jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi, tergantung pada jenis kelamin, berat badan, usia dan kondisi kesehatan seseorang.

Baca juga: Resep Tempe Mendoan bagi Siswa di Akhir Pekan

Bagi siswa atau mahasiswa penting sekali mencukupi kebutuhan protein bagi tubuhnya. Salah satunya dari makanan yang kaya akan protein.

Dirangkum dari laman Ma'soem University, berikut ini 9 makanan sumber protein yang penting bagi tubuh:

Makanan sumber protein

1. Telur

Telur memiliki kandungan protein tinggi. Khususnya dalam putih telur yang mengandung protein rendah kalori dan dianggap mendekati protein murni, cocok bagi diet.

Perlu diperhatikan walau kuning telur dan putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi kalori kuning telur cukup tinggi (61 kalori).
Jadi jika ingin mengonsumsi protein tinggi rendah kalori, cukup konsumsi 2 putih telur.

2. Semua jenis ikan

Ternyata, semua jenis ikan mengandung protein. Seperti ikan salmon yang kandungan 22 persen protein dengan kalori yang rendah.

Sedang ikan tuna mengandung 27 gram protein dan 128 kalori dalam satu kaleng (ukuran 142 gram).

Baca juga: 7 Manfaat Sarapan Pagi bagi Siswa

3. Susu

Adapun makanan sumber protein lainnya ialah susu. Susu dikenal sebagai minuman yang kaya akan protein. Dalam satu cangkir susu sapi terkandung 8 gram protein dan 149 kalori.

Sedang bagi yang alergi laktosa, dapat mengonsumsi susu kedelai dengan kandungan 6,3 gram protein dan 105 kalori dalam cangkir yang sama.

4. Tempe

Tak hanya itu saja, tempe yang mudah dijumpai ini juga memiliki kandungan protein tinggi yang cocok dikonsumsi bagi para vegetarian. Dalam setiap 3 ons (84 gram) tempe terkandung hinga 15 gram protein.

5. Udang

Untuk makanan sumber protein lainnya ialah udang. Udang memiliki kandungan protein yang melimpah hingga 97 persen dari jumlah kalori.

Baca juga: Ketahui Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah

Selain itu, hewan laut ini rendah kalori dan juga bernutrisi tinggi, seperti vitamin B12 dan selenium. Dalam 100 gram udang terkandung 24 gram protein.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com