Kompas.com - 08/11/2022, 05:27 WIB

 

KOMPAS.com - Contoh Revolusi Industri 4.0 dalam kehidupan sehari-hari mudah ditemukan. Bahkan, banyak masyarakat yang bergantung pada kecanggihan Revolusi Industri 4.0.

Misalnya, ojek online atau ojol. Sudah banyak aplikasi penyedia jasa antar seperti Gojek, Grab, dan aplikasi sejenis yang merupakan salah satu contoh dari pengaruh Revolusi Industri. 

Contoh lain dari Revolusi Industri 4.0 di kehidupan sehari-hari misalnya saat memesan makanan, mengantar barang, belanja, membeli obat, juga bisa dilakukan melalui layar sentuh handphone atau gadget. 

Bahkan bermain media sosial, mencari pekerjaan, bertemu teman jauh, menonton konser, juga termasuk pengaruh dari Revolusi Industri 4.0.

Baca juga: Apa Itu Tanam Paksa atau Cultuurstelsel? Sejarah dan Masa Berakhirnya

Tetapi sebetulnya, apa itu Revolusi Industri 4.0? Dilansir dari laman platform penyedia layanan pendidikan Zenius, Revolusi Industri 4.0 adalah Istilah mengenai transformasi teknologi dalam industri yang bisa mengubah kehidupan manusia.

Istilah ini muncul pada tahun 2011 oleh sekelompok orang dari Jerman merupakan gambaran tren teknologi masa kini dan ke depan.

Pada saat itu, para peneliti dari Kementerian Pendidikan Federal Jerman mulai mengeksplorasi tren yang sedang terjadi terkait teknologi yang bisa lebih membantu kehidupan manusia.

Baca juga: Interaksi Sosial, Pengertian, Ciri, Syarat dan Contohnya

Mereka mulai berpikir bagaimana caranya supaya memudahkan orang untuk punya pengalaman kerja yang lebih efektif dan efisien.

Selang 9 tahun berjalan, Pemerintah Federal Jerman kemudian mengadopsi gagasan tersebut dalam high-tech strategy di tahun 2020. Setelah itu, dibentuklah tim buat memberikan saran lebih lanjut tentang penerapan industri 4.0 ini.

Sebelumnya ada Revolusi Industri 1.0, 2.0, dan 3.0. Namun karena perkembangan zaman maka munculah Revolusi Industri 4.0.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.