Kompas.com - 12/11/2022, 11:31 WIB
|

KOMPAS.com - Saat sedang sakit flu dan hidung tersumbat tentu membuat pernapasan menjadi tidak nyaman. Karena itu butuh tips atau cara mengatasi hidung tersumbat.

Jika tidak diatasi akan membuat penderita benar-benar tak nyaman. Sebab, terlalu lama bernapas melalui mulut tidak baik untuk kesehatan.

Selain menyebabkan mulut menjadi kering, mulut memang tidak didesain untuk bernapas. Mulut tidak mempunyai proteksi menyaring udara-udara kotor, debu penuh bakteri, dan kuman, layaknya hidung.

Melansir laman Universitas Putera Batam (UPB), seperti ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan siswa, mahasiswa maupun masyarakat.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Cara mengatasi hidung tersumbat

1. Memperbanyak minum

Ketika sedang pilek atau flu berat, lendir akan mengental dan menyumbat hidung. Untuk mengatasinya, maka perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.

Air hangat dapat membantu mengencerkan lendir pada saluran pernapasan, mengurangi tekanan pada sinus. Ketika tekanan berkurang, peradangan dan nyeri akibat hidung tersumbat akan berkurang.

Jika tidak biasa minum air hangat, cobalah konsumsi campuran teh jahe dan mint, air cuka apel, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk melegakan napas.

2. Mandi air hangat

Adapun cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya ialah dengan mandi air hangat. Mandi di bawah kucuran air panas dapat membantu meredakan masalah hidung tersumbat.

Namun temperatur airnya jangan terlalu tinggi. Usahakan tutup pintu kamar mandi sehingga uap air dapat terkumpul. Ketika uap air sudah cukup banyak, tarik napas dalam-dalam untuk melegakan sinus.

Baca juga: 7 Tips Sehat di Musim Hujan dari Ners Unair

Uap yang dihasilkan dari air panas itu dapat mengurangi produksi lendir sehingga hidung dapat kembali bernapas dengan normal. Meskipun uap panas itu tidak bertahan lama, namun metode ini dapat dijadikan solusi alternatif pelega sementara.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.