Kompas.com - 15/11/2022, 10:08 WIB

KOMPAS.com – Universitas Diponegoro (Undip) menduduki posisi pertama sebagai kampus terbaik di Jawa Tengah (Jateng) berdasarkan penilaian Lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (AUR) 2023, pada Selasa (8/11/2022).

QS AUR 2023 melakukan pemeringkatan untuk 760 universitas terbaik di Asia dan menjadi pemeringkatan terbesar yang meliputi reputasi akademis dan pemberi kerja, jumlah staf yang memegang gelar PhD, dan persentase siswa internasional.

Terdapat 40 universitas di Indonesia baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masuk dalam pemeringkatan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Undip sendiri berhasil menyabet kampus terbaik di wilayah Jateng dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh QS AUR 2023 tersebut, yang menduduki peringkat ke 200 se-Asia dan di urutan ke-8 di Indonesia.

Undip unggul dari kampus lain di Jateng dengan total nilai keseluruhan (overall score) 26,8. Dari 11 bidang indikator kinerja QS AUR 2023, Undip memperoleh nilai dari dari indikator academic reputation sebesar 34,5, employer reputation 43,6, faculty/student ratio 24,1, staff with a PhD 1.

Indikator papers per faculty 7,9, citations per paper 1, international research network 6,8, international faculty 55,3, international students 9, inbound exchange students 34, dan outbound exchange students 30,6.

Baca juga: Tidak Suka Matematika? Cek 5 Jurusan Kuliah Minim Hitungan

Lokasi Undip

Mengetahui keberhasilan Undip tersebut, menarik untuk mengenal lebih dalam tentang profil Undip. Dengan demikian, kamu mengetahui fakultas dan pilihan jurusan yang tersedia di kampus tersebut.

Undip merupakan salah satu PTN yang cukup di diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia karena memiliki fasilitas yang mumpuni, menyediakan banyak program studi (prodi), dan mendulang banyak prestasi.

Kampus ini berlokasi di jalan Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang, Jateng, yang mengusung tagline “The Excellent Research University.”

Awalnya Undip dikenal sebagai Universitas Semarang yang berdiri pada tanggal 9 Januari 1957. Pada Dies Natalis ketiga, tepatnya 9 Januari 1960, Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.