Kompas.com - 18/11/2022, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Tahukah siswa jika Indonesia kini memiliki satu provinsi baru yakni Provinsi Papua Barat Daya yang menjadi provinsi ke-38 di Indonesia?

Jumlah provinsi di Indonesia yang bertambah karena Provinsi Barat Daya ini mencakup enam wilayah, yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Mamberamo. Kota Sorong ditetapkan sebagai ibu kotanya.

Papua Barat Daya merupakan pemekaran dari Provinsi Papua. Namun sebelum Papua Barat Daya dijadikan provinsi baru, ternyata ada wilayah lain di Papua yang lebih dulu dibagi lagi menjadi provinsi baru. Karena itu jumlah provinsi di Indonesia bertambah pesat. 

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Bisakah siswa menebak mana saja wilayah Papua yang menjadi provinsi baru?

Dilansir dari Kompas.com, sebelumnya ada tiga provinsi baru hasil pemekaran Provinsi Papua adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. 

Provinsi Papua Selatan mencakup empat kabupaten yakni Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel. Dengan ibu kotanya Merauke. 

Sementara, Provinsi Papua Tengah memiliki delapan kabupaten yang terdiri dari Nabire, Paniai, Mimika, Dogiyai, Deyiai, Intan Jaya, Puncak, dan Kabupaten Puncak Jaya. Ibu kotanya adalah Nabire. 

Lalu, provinsi Papua Pegunungan meliputi delapan kabupaten yaitu Jayawijaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo, dan Kabupaten Pegunungan Bintang. Ibu kotanya adalah Jayawijaya. 

Pada Jumat (11/7/2022) kemarin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik tiga pejabat (pj) gubernur di tiga provinsi itu. Mereka adalah Apolo Safanpo sebagai Pj. Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj. Gubernur Papua Tengah, dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj. Gubernur Papua Pegunungan.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

Dengan bertambahnya Provinsi Papua Barat Daya maka siswa bisa menghafal daftar 38 provinsi yang ada di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.