Kompas.com - 23/11/2022, 08:26 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Papua, Universitas Cenderawasih (Uncen) bekerja sama dengan The Max Planck Institute for Ornithology, Jerman.

Kerja sama itu dalam bentuk penelitian di bidang ilmiah, biologi, dan antropologi di pedalaman Papua.

Adapun kerja sama ini merupakan kelanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., dan Director of Max Planck Institute Prof. Dr. Manfred Gahr pada September lalu.

Melansir laman resmi Uncen, Jumat (18/11/2022), kedua belah pihak (Uncen dan the Max Planck Institute) kali ini akan lebih konsen pada pelaksanaan penelitian.

Baca juga: Ingin Masuk PTN 2023? Ketua Majelis Rektor Bagikan 4 Tips Jitu

Penelitian di pedalaman Papua

Rencananya akan dilakukan di Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Papua Barat, Indonesia, serta di Jerman dalam bidang ilmiah, biologi dan antropologi.

Prof. Wulf yang pada saat penandatanganan didampingi oleh Prof. Marian Vanhaeren mengatakan antusias atas terjalinnya kerjasama ini.

"Saya sudah puluhan tahun mengadakan penelitian di pedalaman Papua dan merasa sangat betah tinggal di Papua," ujarnya dikutip dari laman Uncen.

"Dengan adanya MoA ini membuat kami semakin bersemangat untuk eksplore wilayah Papua khususnya dalam bidang arkeologi dan etnoarkeologi juga sejarahnya," tuturnya lagi.

Sedangkan Pembantu Rektor IV Uncen Dr. Fredrik Sokoy, S.Sos., M.Sos., ketika berbincang-bincang menyatakan dukungan atas kerjasama penelitian ini.

Baca juga: Penelitian Mahasiswa S3 UGM: Sirih Merah Percepat Penyembuhan Luka

"Prof. Wulf dan Prof. Marian bukan orang baru di Papua khususnya Uncen, hasil dari penelitian mereka di Papua sudah dapat kita lihat dari buku-buku yang mereka hasilkan," terangnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.