Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 17:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengalami sakit flu atau pilek dan hidung tersumbat tentu menjadikan aktivitas tidak nyaman. Karena itu butuh obat hidung tersumbat.

Apalagi bagi siswa yang sebentar lagi akan ikut penilaian akhir semester, tentu sakit pilek harus segera diatasi. Agar saat ikut penilaian akhir semester bisa mengerjakan dengan nyaman.

Ternyata, hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung mengalami pembengkakan akibat adanya cairan atau lendir berlebih.

Kondisi tersebut mungkin disertai pula dengan keluarnya cairan hidung atau ingus yang menjadikan semuanya sangat tidak nyaman.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dari UPB

Melansir laman RS An-Nisa Tangerang, hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh sebenarnya adalah gejala dari sebuah penyakit. Kondisi tersebut umumnya disebabkan karena penyakit pilek, flu, alergi, iritasi, dan sinusitis.

Obat hidung tersumbat

Adapun cara menjaga kelembapan saluran hidung dan sinus menjadi salah satu hal terpenting yang perlu kamu perhatikan ketika mengalami hidung tersumbat.

Untuk penanganan lainnya, kamu dapat melakukan langkah-langkah mudah berikut ini untuk meredakan hidung tersumbat sebelah atau seluruhnya.

1. Memperbanyak minum cairan

Minum banyak cairan dipercaya dapat meredakan hidung tersumbat. Cairan yang kamu minum berguna mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan tetap lembap.

Tak hanya air putih, kamu bisa minum cairan dalam bentuk minuman hangat, teh, jahe panas, sup ayam, atau minuman buah.

2. Membuang cairan hidung (ingus)

Adapun obat hidung tersumbat berikutnya ialah buang cairan hidung atau ingus secara tepat dan teratur.

Yakni dengan menutup aliran udara dengan jari di salah satu lubang hidung ketika kamu membuang ingus dengan lubang satunya.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Info Ners Unair

Jangan meniup hidung dengan tekanan yang terlalu keras, karena akan membawa kuman ke telinga dan menyebabkan telinga sakit.

3. Hirup uap hangat

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com