Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mengerjakan Tugas Kelompok agar Efektif dan Menyenangkan

Kompas.com - 10/01/2023, 16:23 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam dunia pendidikan, guru dan dosen seringkali memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar dan mahasiswa dalam bentuk kelompok, misalnya tugas membuat makalah, menyusun proyek, dan lain sebagainya.

Merilis laman Zenius Education, ada banyak manfaat dari tugas kelompok yakni melatih kerjasama, melatih kemampuan kepemimpinan, meningkatkan jiwa sosialisasi, memudahkan pengerjaan tugas, dan melatih kemampuan berkomunikasi.

Meskipun demikian, mengerjakan tugas secara kelompok di kalangan siswa maupun mahasiswa kadang tidaklah mudah.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK dan D1-S1 di 40 Wilayah

Ada halangan dan rintangan yang dihadapi ketika sedang mengerjakan tugas secara berkelompok, seperti ketidakcocokan dalam komunikasi, kurang mampu menerima ide teman, kurang adanya penyesuaian waktu dengan anggota kelompok, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar kerja kelompokmu bisa berjalan dengan efektif dan tugas yang diberikan bisa selesai tepat waktu, dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi-Kemendikbudristek RI @ditjen.dikti:

1. Tentukan agenda yang jelas

Anggota kelompok perlu membuat kesepakatan bersama mengenai hal-hal yang perlu dilakukan dan waktu pengerjaannya, sehingga waktu dapat digunakan dengan baik dan efektif.

Kadangkala, anggota kelompok hanya berkumpul dan menghabiskan waktu dengan sia-sia tanpa mengerjakan tugas karena tidak membuat daftar tugas-tugas yang perlu dikerjakan.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Skripsi hingga Riset? Ada Bantuan Rp 10 Juta

2. Membagi tugas dengan beban kerja sesuai kemampuan

Pembagian tugas dalam kelompok perlu dilakukan sesuai keahlian dan ketersediaan waktu yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok.

Hal ini dapat dilakukan dengan membuat daftar apa saja yang harus dikerjakan sesuai dengan jumlah anggota kelompok, lalu persilakan anggota lain untuk mengisi bagian mana yang ingin mereka kerjakan.

Anggota kelompok juga harus memastikan bahwa setiap orang mendapat tugas, sehingga tidak ada yang menganggur dan hanya menumpang nama dengan menerima hasil kerja orang lain.

3. Tetapkan tenggat waktu

Penentuan tenggat waktu ini bertujuan untuk memberikan batasan dalam pengerjaan tugas, sehingga tidak ditunda-tunda dan akhirnya sampai terlambat dalam mengerjakannya.

Jika kamu sudah tahu tanggal pengumpulan tugas (deadline) yang diberikan oleh guru atau dosen, maka kelompok dapat memberi deadline sendiri untuk pengumpulan tugas masing-masing anggota.

Ada baiknya tugas kelompok sudah selesai dikerjakan beberapa hari sebelum deadline yang diberikan oleh guru atau dosen, sehingga kamu merasa tenang dan masih dapat direvisi atau disempurnakan.

Baca juga: Cara Aktivasi Rekening PIP bagi Siswa SD-SMA, Ini Besar Dana Bantuan

4. Saling membantu satu sama lain

Apabila menemukan kesulitan dalam mengerjakan tugas, maka setiap orang harus saling membantu dan mencari solusinya secara bersama. Jangan membiarkan anggota kelompok mengerjakannya sendiri dan tidak peduli dengan masalah yang dialami.

Pengerjaan tugas kelompok akan semakin maksimal kalau satu sama lain dapat kerja sama dalam mengatasi kesulitan yang ada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com