Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jurusan Ekonomi Syariah, Keunggulan dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 30/01/2023, 14:38 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ekonomi Syariah kian berkembang pesat di Indonesia. Tak hanya perbankan, perkembangan industri halal dalam bidang properti, wisata, bahkan e-commerce sebagian telah menggunakan sistem syariah. Guna memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Ekonomi Syariah, sejumlah kampus pun membuka jurusan kuliah ini, salah satunya Universitas Airlangga (Unair).

Ekonomi syariah Unair merupakan prodi pertama di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekaligus terbaik se-Indonesia.

Pendirian prodi tersebut menjadi respons Unair dalam menyiapkan SDM di Indonesia yang sangat meminati bisnis dan keuangan yang berbasis syariah.

Baca juga: Kisah Vinnie, dari Kampus Kecil Pinggir Kali Ciliwung, Kini Sukses Bekerja di Jepang

Prospek kerja lulusan Ekonomi Syariah

Koordinator Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Syariah Unair, Bayu Arifianto menjelaskan bahwa prodi tersebut kini berfokus pada aktivitas internasional. Meski demikian, bukan berarti mengesampingkan aktivitas nasional.

Bayu menyebut para pengajar dan sarana prasarana prodi telah mendapat rekognisi. Yakni, memiliki kualitas berstandar internasional.

Prodi ekonomi syariah Unair berhasil memperoleh akreditasi internasional, yakni ABEST 21 dan FIBAA. Bahkan Science and Technology Index (SINTA) menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Itulah mengapa, lulusan jurusan ekonomi syariah Unair dinilai memiliki prospek kerja yang cerah.

Baca juga: Cek Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Bagus, Nomor 1 Tak Diragukan Lagi

“Keterserapan lulusan program studi ekonomi syariah di dunia kerja, terutama bisnis dan keuangan ini, sangat tinggi. Karena, kita terus mengikuti perkembangan teknologi dan memfasilitasi passion mahasiswa,” tutur Bayu dilansir dari laman Unair.

Selain bekerja di bidang perbankan, lulusannya tersebar di bidang wiraswasta, serta melanjutkan studi magister. Terutama beberapa alumni yang sudah berkancah di institusi, misalnya Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kejaksaan.

Selain itu, Ekonomi Syariah Unair juga telah membuat empat pusat riset untuk para akademisi. Yakni Center for Halal Industry Digitalization?(CHID);?Center for Innovative Islamic Investment and Capital Market?(CIICAM);?Center of Islamic Social Finance?(CIFS); dan?Center for Socio Economic Islamic Boarding School?(CSEIBS).

Bukan hanya empat pusat riset, prodi ekonomi syariah juga menyediakan fasilitas lain sebagai penunjang aktivitas penelitian. Misalnya, laboratorium perbankan, keuangan syariah, dan laboratorium koperasi digital. Termasuk memfasilitasi aktivitas MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di 4 Kampus Singapura, Potongan Uang Kuliah hingga 100 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com