Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2023, 15:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi membawa perubahan di segala sektor. Apalagi di bidang IT, banyak perusahaan IT yang juga butuh tenaga kerja baru. Lantas, seperti apa peluang karier 2023 ini?

Apakah masih berhubungan dengan bidang IT? Ternyata, beberapa prospek kerja IT tersebut juga diperkirakan akan terus dibutuhkan hingga beberapa tahun mendatang.

Melansir laman Binus University, ini prediksi atau peluang karier 2023 yang bisa jadi acuan bagi mahasiswa atau fresh graduate saat mencari pekerjaan.

Baca juga: 7 Peluang Kerja SMK Tata Busana

Peluang karier 2023

1. Artificial Intelligence (AI) Engineer

Tentunya, saat ini perkembangan AI sangat baik. Ditambah lagi proyek metaverse yang mulai digarap oleh berbagai perusahaan teknologi dengan AI sebagai elemen krusial di dalamnya, AI engineer makin banyak dicari.

Beberapa skill dan pengetahuan yang paling dibutuhkan untuk menjadi seorang AI Engineer adalah Python, R, dan Torch.

Nantinya, kamu pun perlu mengetahui lebih banyak tentang hal-hal berkaitan dengan AI seperti machine learning, deep learning, dan neural network.

2. Cyber Security Analyst

Adapun peluang karier 2023 yang lain ialah Cyber Security Analyst. Selaras dengan makin banyak kebutuhan dengan dunia digital, makin banyak pula ancaman dan kejahatan siber yang bermunculan.

Nantinya, seorang Cyber Security Analyst bertanggung jawab untuk memproteksi sebuah perusahaan atau organisasi dari akses informasi sensitif dari akses tidak sah.

Beberapa ranah tanggung jawabnya antara lain menginstal dan mengoperasikan firewall dan enkripsi program, melakukan risk assesment secara rutin, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Hard Skill Terpenting bagi Mahasiswa untuk Memulai Karier

3. Cloud Engineer

Kini, orang mulai beralih menggunakan layanan Cloud untuk kebutuhan penyimpanan mereka. Memiliki perangkat dengan bawaan memori cukup kecil bukan masalah sebab ada cloud storage yang juga memudahkan mereka untuk mengakses data.

Tetapi, kebutuhan layanan cloud bukan cuma untuk tingkat personal. Perusahaan berskala besar pun kini telah mengandalkan cloud computing yang mendukung fleksibilitas lebih baik, skalabilitas massal, dan inovasi lebih cepat.

4. Data Scientist

Jika bekerja sebagai Data Scientist, maka kamu akan mendapat gaji yang tinggi. Ini karena tanggung jawab yang diemban sangat berpengaruh terhadap apa yang harus dilakukan oleh perusahaan melalui berbagai temuan lewat data yang berhasil dikumpulkan.

Sebab, pekerjaan ini akan berhubungan dengan big data. Tak cuma sekadar mengumpulkan data dalam jumlah besar, Data Scientist harus mampu menginterpretasikan data-data tersebut dan mengolahnya menjadi insight bagi perusahaan lewat identifikasi tren dan program pada sebuah data set.

Jika kamu ingin menjadi Data Scientist maka harus punya ketertarikan dan skill di bidang statistika dan matematika.

Baca juga: 9 Tips Memilih Pakaian Wawancara Kerja, Info Penting Fresh Graduate

Selain itu, kamu juga perlu membekali diri dengan keterampilan dan pengetahuan mengenai big data, deep learning, machine learning, programming, hingga visualisasi data.

Jadi, itulah beberapa peluang karier 2023 yang bisa menjadi gambaran bagi fresh graduate atau para pencari kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com