Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2023, 10:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi fresh graduate atau lulusan baru yang sedang mencari lowongan kerja, maka sering mendapati bahwa ada pembatasan usia pelamar.

Kenapa demikian? Apakah ada alasannya? Tentu, semua itu terkait banyak faktor kenapa perusahaan memberikan info batasan usia kerja.

Melansir laman KitaLulus, Kamis (2/2/2023), salah satu alasannya ada pembatasan usia dalam lowongan kerja karena menyangkut usia produktif.

Usia produktif adalah usia yang menunjukkan seseorang masih mampu bekerja dan menghasilkan sesuatu. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), golongan usia produktif di Indonesia adalah 15 sampai 64 tahun.

Baca juga: Begini 7 Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja

Namun pada dasarnya, pengaturan usia itu untuk menentukan batas minimal usia tenaga kerja berdasarkan hukum, atau dengan kata lain menghindari eksploitasi anak di bawah umur untuk bekerja.

Berikut ini alasan perusahaan memberikan batasan usia melamar kerja:

1. Untuk hindari anak di bawah umur dipekerjakan

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 1 Ayat 26, anak yang dimaksud adalah orang dengan umur di bawah 18 tahun. Jadi kesimpulannya, pekerja harus sudah memiliki KTP dengan usia minimal 18 tahun.

2. Terkait keselamatan kerja

Di beberapa posisi ada yang membutuhkan tenaga prima. Jadi, usia produktif lebih dicari karena dinilai lebih bisa mengatur waktu, tenaga, serta diandalkan dalam bekerja, juga terkait keselamatan kerja.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Benar

3. Berpengaruh pada efektivitas kerja

Usia ternyata mampu mempengaruhi efektivitas kerja dan ide kreatif seseorang. Pekerja yang usianya masih muda cenderung lebih kompeten sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

Tak hanya itu saja, usia muda juga punya ide-ide segar dan kreatif sehingga sangat disukai oleh perusahaan startup.

4. Berpengaruh pada upah

Jika ada lowongan kerja untuk fresh graduate, maka batas maksimal usianya ialah 25 tahun. Jadi, kemungkinan perusahaan tersebut menarget kandidat yang belum punya banyak pengalaman atau bahkan belum pernah kerja sama sekali.

Ini karena fresh graduate belum punya standar gaji tinggi. Loker seperti ini biasanya banyak ditemukan untuk level staf.

Tentu akan berbeda halnya jika pelamar sudah berusia 30-an, di mana kemungkinan besar sudah punya banyak pengalaman, sehingga standar gajinya juga cukup tinggi.

5. Untuk branding perusahaan

Saat ini banyak muncul perusahaan rintisan atau startup dan biasanya karyawannya anak muda. Maka dari itu, karyawan-karyawan yang direkrut selalu berkisar di usia 20-an.

Perusahaan seperti ini tidak bisa digolongkan diskriminatif karena memang berkaitan dengan branding perusahaan dan dimaksudkan memberikan pengalaman kerja lebih bagi para lulusan baru.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

Jadi, itulah beberapa alasan kenapa ada lowongan kerja yang membatasi usia pelamar. Tentu, hal ini bisa menjadi wacana bagi para lulusan baru.

Bagi yang ingin mencari lowongan kerja, maka bisa mencari info dari aplikasi KitaLulus. Adapun aplikasi KitaLulus adalah platform penyedia lowongan kerja dengan tingkat keamanan yang canggih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com