Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membangun Soft Skill sejak Kuliah

Kompas.com - 08/03/2023, 12:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Di dunia kerja tentu membutuhkan talenta yang memiliki soft skill dan hard skill. Namun, soft skills dirasa sangat penting peranannya.

Sebab, soft skills dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih adaptif, berkomunikasi dengan baik dan mengatasi situasi yang kompleks.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan soft skills sejak kuliah agar dapat lebih siap dan kompetitif di dunia kerja.

Namun, bagaimana cara membangun soft skill sejak kuliah? Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Selasa (7/3/2023), ini penjelasannya.

Baca juga: Mahasiswa Ingin Meningkatkan Soft Skill? Simak 5 Cara Ini

Apa itu soft skill?

Soft skills merujuk pada sekumpulan keterampilan interpersonal, komunikasi, dan kepemimpinan yang diperlukan untuk berhasil di dunia kerja.

Soft skills juga meliputi kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, bekerja dalam tim, beradaptasi, memimpin, memecahkan masalah, dan berinovasi.

Perbedaan antara soft skills dan hard skills ialah:

  • Hard skills merujuk pada kemampuan teknis yang spesifik dan diperoleh melalui pelatihan formal atau pengalaman kerja, seperti keterampilan komputer atau keahlian bahasa pemrograman.
  • Soft skills lebih berkaitan dengan kemampuan non-teknis seperti kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan.

Akan tetapi, di dunia kerja, kedua jenis keterampilan ini sama-sama penting. Namun, soft skills sering dianggap lebih penting dalam jangka panjang.

Ini karena memungkinkan seseorang untuk beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan dalam lingkungan kerja, membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja, dan menunjukkan kepemimpinan yang efektif.

Baca juga: Ini 9 Makanan Sumber Protein, Info Sehat bagi Mahasiswa

Cara membangun soft skill

Tentu, sejak kuliah mahasiswa harus bisa membangun soft skill dengan baik agar siap di dunia kerja.

1. Tingkatkan kemampuan komunikasi

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bisa dilakukan dengan membiasakan diri berbicara di depan umum, memperluas kosa kata, dan memperhatikan bahasa tubuh.

2. Tingkatkan kemampuan kerja tim

Cara untuk membangun kemampuan ini bisa dilakukan dengan terlibat dalam proyek kelompok dan menghargai kontribusi setiap anggota tim.

3. Tingkatkan kemampuan adaptasi

Karena perubahan selalu terjadi, maka untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dapat dilakukan dengan membiasakan diri beradaptasi dengan situasi yang baru dan terbuka terhadap masukan atau kritik.

4. Tingkatkan kemampuan kepemimpinan

Meski bukan seorang pemimpin, tetapi kamu juga perlu meningkatkan kemampuan kepemimpinan. Cara membangun soft skill ini bisa dilakukan dengan terlibat dalam organisasi dan mengambil peran sebagai ketua atau koordinator.

5. Tingkatkan kemampuan problem solving

Ternyata, kemampuan ini juga penting di dunia kerja. Cara untuk membangun kemampuan ini dengan mencari tahu lebih banyak informasi tentang topik tertentu dan mempertimbangkan sudut pandang yang berbeda.

Baca juga: Tips Jaga Keseimbangan Kuliah Sambil Kerja bagi Mahasiswa

6. Tingkatkan kemampuan kreativitas

Sedangkan cara untuk membangun kemampuan ini yakni dengan mengikuti kursus atau seminar kreativitas dan mengasah kemampuan seni atau desain.

Jika menguasainya, maka kamu bisa membantu dalam menemukan solusi yang berbeda dan lebih efektif dalam mengatasi masalah di dunia kerja.

Jadi, itulah 6 cara membangun soft skill yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sejak duduk di bangku kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com