Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter UM: Manfaat Jalan Kaki Ada Banyak

Kompas.com - 19/03/2023, 14:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjalani aktivitas sehari-hari tentu membuat tubuh lelah. Terlebih bagi para pekerja atau bisa pula pelajar dan mahasiswa.

Meski demikian, kita harus bisa menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat dan terhindari dari berbagai macam penyakit.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan jalan kaki. Jalan kaki menjadi salah satu pilihan yang patut untuk dipertimbangkan.

Hal ini dikarenakan adanya banyak manfaat yang bisa dirasakan. Maka, akan sangat merugi jika kita lebih memilih tidur di pagi kita dibandingkan melemaskan otot kaki dengan berjalan.

Baca juga: Ahli Gizi Unair Bagikan Tips Diet Sehat

Ifa Mufida (Dokter Poliklinik Universitas Negeri Malang) memberikan pandangannya terkait manfaat jalan kaki. Apalagi berjalan kaki di pagi hari.

Manfaat jalan kaki

Menurut dia, jalan kaki di pagi hari bisa menjadi pilihan jika tempat tinggal kita tak begitu jauh dari tempat kita bekerja atau menuntut ilmu di perkuliahan.

"Berjalan pada dasarnya adalah cara menakjubkan untuk bergerak meningkatkan aktivitas fisik dalam rutinitas harian," ujarnya dikutip dari laman UM, Kamis (16/3/2023).

Ia mengatakan, berjalan kaki bisa dilakukan sekitar 15-30 menit. Di sisi lain, jalan pagi juga merupakan cara memelihara kesehatan tubuh kita dengan murah dan mudah. Kita tak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa berjalan di sekitar rumah.

Tentunya selain sehat, fisik yang kita peroleh juga bisa menjaga kesehatan mental kita. Olahraga ini juga bisa dilakukan siapa saja, dari yang muda hingga lansia.

Sebagaimana jurnal yang berjudul “Vitalizing Effects of Being Outdoors and In Nature” oleh Richard M. Ryan dkk menyimpulkan jika orang dewasa yang berjalan di luar ruangan selama 20 menit akan mendapatkan lebih banyak vitalitas dan energi daripada yang berjalan di dalam ruangan dalam jangka waktu yang sama.

Dengan demikian, jika kita membutuhkan pembakaran energi di pagi hari, maka berjalan kaki merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat dari Ners Unair

Adapun manfaat jalan kaki ialah bisa menambah kekuatan otot. Jika orang berjalan 10.000 langkah setiap harinya, dikatakan sama dengan berlatih di fitness centre, apalagi jika seseorang juga berjalan mendaki. Selain itu, kemungkinan mendapat cedera lebih kecil.

Bisa turunkan berat badan

Sedangkan manfaat jalan kaki untuk menurunkan berat badan dapat diperoleh jika berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit serta dipadukan dengan diet sehat dan latihan kekuatan lainnya.

"Hal ini dikarenakan berjalan selama 30 menit akan membakar sekitar 150 kalori," imbuh dia.

Tak hanya itu saja, saat berjalan kaki secara cepat, otot badan jadi kokoh dan juga tulang tubuh. Ini karena untuk metabolisme kalsium, selain butuh paparan cahaya matahari pagi maka badan yang bergerak juga diperlukan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com