Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2023, 12:17 WIB
|

KOMPAS.com - Olahan kedelai umumnya dibuat menjadi tempe. Tentu, tempe adalah olahan yang sudah familiar dengan masyarakat Indonesia.

Selain itu, gizi yang tinggi dan harga yang murah menjadikan tempe menjadi makanan favorit bagi keluarga.

Hanya saja, selama ini pengolahan tempe kebanyakan hanya digoreng atau dijadikan sayur saja. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengolah tempe menjadi nugget sehingga nampak kekinian.

Ketua Kelompok KKN Panjatan 3, Panjatan, Kulonprogo, DIY, Lutfi Shofia Ningrum menjelaskan, tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai.

Baca juga: Ikut SNBT 2023? Cek 14 Prodi Paling Diminati di UNY

Atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi menggunakan mikroorganisme kapang Rhizopus sp. atau yang biasa dikenal sebagai starter/ragi tempe.

"Kapang Rhizopus sp. ini berperan memecah senyawa kompleks yang ada pada bahan baku sehingga lebih mudah dicerna," ujarnya dikutip dari laman UNY, Senin (27/3/2023).

Bagi masyarakat Jawa, tempe sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan khas tradisional Indonesia dan diproduksi secara turun temurun.

Sampai saat ini, produksi tempe sudah menyebar ke seluruh dunia karena kandungan gizinya yang baik untuk kesehatan manusia. Kandungan gizi tempe diantaranya protein, vitamin, asam lemak, antioksidan dan antibiotik alami.

Sementara penggagas nugget tempe Safina Azwaja Sahral menjelaskan latar belakang pemilihan produk ini didasarkan pada mata kuliah inovasi produk boga yang meneliti tentang subtitusi nugget ikan gurami.

Selain karena kajian bahannya yang menarik, pengolahan nugget juga cukup mudah meski tahapannya cukup banyak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com