Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Lulus Kuliah Cepat dan Dapat IPK 4 ala Lulusan UM Surabaya Ini

Kompas.com - 04/06/2023, 10:38 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah bisa lulus cepat dan dapat IPK sempurna atau IPK 4 serta dapat gelar cumlaude? Tentu saja hal ini bisa diraih siapa saja.

Seperti Nurul Afifah yang lulus cumlaude karena berhasil meraih IPK tertinggi yakni 4 dan lulus cepat. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya ini bisa membuktikan hal itu lewat 5 tips yang ia jalani setiap waktu. Apa saja tips tersebut? 

Sebelum tahu tipsnya, tentu ketahui dulu bagaimana Nurul merancang jalan agar perkuliahannya lancar. 

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini 5 Cara Cegah Anak Speech Delay

Nurul awalnya diterima di UM Surabaya melalui jalur beasiswa unggulan Kemendikbud.

Berkat beasiswa itulah Nurul mendapatkan fasilitas pendidikan secara gratis mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya buku.

Perempuan yang dipanggil Nurul tersebut mengambil jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Surabaya.

Saat ditanya, mengapa memilih jurusan PG PAUD rupanya putri pasangan Witono dan Rofikoh ini sempat berhenti setelah lulus SMK.

Lalu ia memilih membantu mengajar di sebuah TK di dekat rumahnya. Berkat pengabdiannya selama setahun tersebut Nurul mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah untuk mengambil beasiswa unggulan Kemendikbud.

Nurul mengaku apa yang dicapiannya hari ini merupakan impian yang ia catat di kertas bahkan juga di tembok kamar.

Menurutnya sedari awal masuk kuliah ia sudah menargetkan IPK cumlaude dan lulus cepat, namun ia tidak menyangka jika hasilnya sempurna yakni IPK 4.

“Alhamdulillah akhirnya sesuai dengan apa yang saya targetkan, dari dulu memang saya selalu mencatat apa yang ingin menjadi goals dalam hidup saya, saya benar-benar catat di kertas, karena saya tidak ingin itu hanya menjadi angan-angan di pikiran saja,” ujar Nurul dilansir dari laman UM Surabaya.

Menurut ceritanya, saat masih duduk di bangku SMP Nurul langganan menjadi juara tingkat kabupaten. Mulai dari lomba melukis O2SN tingkat Kabupaten 2015.

Baca juga: Sudah IPK 4, Maria Juga Lulus S3 Unair di Usia 24 Tahun

Lalu masuk nominasi vocal solo tingkat provinsi 2015. Saat menjadi siswa SMK ia juga pernah dinobatkan sebagai peserta magang terbaik hingga diberikan penghargaan terbaik ketiga tangkas terampil Indonesia tingkat kabupaten.

Tak berhenti sampai disitu saja, saat menjadi mahasiswa UM Surabaya Nurul terus mengukir prestasi.

Ia pernah meraih Juara 2 lomba Microtaeching Nasional 2021, Juara 3 lomba simulasi mengajar tingkat Nasional - UPI 2021, Finalis 10 besar poster aptisi dan menjadi peserta International Credit Transfer (ICT) 2021 Asia University Taiwan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com