Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2023, 16:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa baru (maba) tentu akan memahami apa itu IPK dan IPS. Hal ini penting karena menentukan kelulusan mahasiswa nanti.

Dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair), Jumat (25/8/2023), ini penjelasan mengenai IPK dan IPS yang harus diketahui mahasiswa baru.

Mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi akan mendapatkan penilaian hasil capaian pembelajaran yang disebut Indeks Prestasi, yakni Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Indeks Prestasi Semester (IPS).

Terutama mahasiswa-mahasiwa pejuang beasiswa karena IPK sering sekali dijadikan salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa.

Baca juga: Tips Lulus Wawancara Kerja, Info Webinar Unair

Memiliki IPK dan IPS yang baik tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap mahasiswa, bahkan tak sedikit mahasiswa yang bercita-cita mendapatkan IPK sempurna.

Adapun hasil proses belajar dihitung sebagai Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Indeks Prestasi Semester (IPS) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa dalam menempuh Mata Kuliah dalam 1 (satu) semester.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa yang dihitung mulai masa awal studi sampai semester terakhir yang telah diikuti.

Untuk evaluasi hasil studi semester dilakukan pada tiap akhir semester bagi mata kuliah yang diprogramkan oleh mahasiswa pada semester tersebut yang dinyatakan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS).

Baca juga: Dosen UM: Ini Cara Beradaptasi Cuaca Dingin Kota Malang bagi Maba

Jika ingin dapat IPS yang baik, mahasiswa perlu nilai yang baik juga disetiap mata kuliah yang diambil pada semester tersebut.

Halaman:
Sumber Unair


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com