Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 25 tahun, Nyayu Raih Predikat Doktor Termuda Fakultas Teknik UI

Kompas.com - 28/04/2019, 18:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menganugerahkan gelar doktor kepada salah satu mahasiswa terbaik FTUI, Nyayu Aisyah.

Pada usia 25 tahun, Nyayu dinyatakan lulus pada program Doktor di Departemen Teknik Mesin FTUI setelah menempuh sidang disertasinya yang berjudul “Analisis Dan Optimalisasi Sistem Pompa Panas Dan Pendingin Yang Ramah Lingkungan.” 

7 jurnal internasional

Nyayu lulus sebagai lulusan program Doktor termuda FT UI dan tercatat sebagai Doktor ke-62 Teknik Mesin UI sekaligus doktor ke-322 FT UI. Ia berhasil pula meraih predikat cumlaude dengan IPK 3.90 dari skala 4.00.

Tidak hanya berhasil meraih gelar doktor dengan predikat terbaik, perempuan asal Palembang, Sumatera Selatan ini juga telah menulis dan mempublikasikan tujuh artikel pada beberapa jurnal internasional terindex scopus.

Baca juga: Kisah Arul, Anak Tukang Las & Penyapu Jalan Diterima Kedokteran UI

Nyanyu juga telah  mengikuti 5 konferensi internasional di beberapa negara. Salah satu artikelnya, “Solar Absorption Chiller System Performance Prediction based on Principal Component Analysis” telah dipublikasikan Jurnal Case Studies on Thermal Engineering yang terindeks Q1 Scopus.

Atmosfer riset

Selama menempuh pendidikan di UI, Nyayu mengaku membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan ritme belajar di UI.

“Di sini atmosfer pendidikan dan riset sangat terasa sekali,” tutur Nyayu. Nyayu diterima di Departemen Teknik Mesin FTUI dibawah bimbingan promotor Prof. Idrus Alhamid dan ko-promotor Nasruddin.

Selama empat tahun menempuh studi di UI, Nyayu harus menjalani matrikulasi tahun pertama, dan berusaha sebaik mungkin agar IPK tetap di atas 3.5, sebagai syarat agar diizinkan lanjut menempuh pendidikan Doktor.

Berbekal semangat dan kerja keras, pada semester ke-3, Nyayu berhasil menyelesaikan studi magister dengan nilai yang sangat memuaskan hingga berhasil melanjutkan studi doktoral.

Beasiswa PMDSU

Topik disertasi diangkat Nyayu berkaitan isu energi berbahan dasar fosil yang merupakan energi terbarukan ramah lingkungan. Nyayu, mencoba membuat satu model baru dengan multiobjektif algoritma genetika untuk mendapatkan kondisi optimal dari sistem dimodelkan.

Nyanyu merupakan salah satu dari 4 orang peraih beasiswa PMDSU (Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) batch II dari Kemenristekdikti di FTUI. Beasiswa PMDSU merupakan beasiswa ditawarkan bagi lulusan sarjana terbaik Indonesia untuk melanjutkan magister hingga doktoral.

Beasiswa ini diberikan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sarjana sehingga menjadi sarjana berdaya saing yang cukup kuat. Program beasiswa ini disusun untuk meningkatkan kualitas pendidikan magister yang ada di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com