Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Kuliner? Ini 6 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Kamu

Kompas.com - 04/10/2019, 21:28 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Apakah kamu suka mencicipi makanan yang dimasak di dapur? Lalu kalau ada menu baru di suatu restoran, kamu pasti ingin segera merasakannya? Bahkan kamu juga mau mencoba memasaknya sendiri di rumah.

Itu artinya kamu punya kesukaan terhadap dunia makanan. Bisa jadi juga kamu berbakat untuk menjalani profesi di bidang kuliner. Terus, profesi apa saja yang cocok buat kamu?

Seperti dijelaskan di Rencanamu.id, simak keterangan lengkapnya berikut ini:

1. Chef dan head cook (kepala koki)

Ini adalah profesi pertama yang paling dikenal untuk orang yang mempunyai hobi di bidang kuliner. Istilah bekennya disebut sebagai koki.

Baca juga: Seksi Prodi Komunikasi Peminat Naik 200 Persen per Tahun, Kenapa?

Tugas seorang koki yaitu mengelola berbagai macam hal di dapur, mulai dari menentukan menu makanan dan minuman, memilih bahan-bahan, memasak dan mengkreasikannya, sampai mengemasnya dalam bentuk sajian yang menarik dan menggugah selera makan.

Belakangan ini, profesi koki tidak hanya dilakukan oleh perempuan, tetapi laki-laki juga semakin banyak yang menjalaninya. Itu artinya profesi ini cukup menjanjikan masa depan yang cerah.

2. Food stylist

Pasti kamu pernah melihat promosi berbentuk gambar atau iklan di televisi atau media sosial yang terlihat sangat menggoda. Perlu diketahui, promosi itu merupakan karya dari food stylist.

Seorang food stylist bertugas membuat suatu suguhan makanan tampak begitu enak dan menggiurkan sehingga membuat orang tertarik dan ingin mencobanya.

Kalau diibaratkan profesi lainnya, food stylist itu mirip dengan make up artist yang menata wajah seseorang supaya tampil memesona, sedangkan food stylist menata makanan agar terlihat sedap.

3. Food vlogger/blogger

Seorang food vlogger/blogger bertugas membahas tentang suguhan makanan dan minuman. Hal yang dibahas antara lain mengenai rasa, harga, dan suasana tempat makanan dan minuman itu disajikan.

Pembahasannya diwujudkan dalam bentuk tulisan dan video, lalu dimasukkan dan ditayangkan di media sosial atau blog pribadi.

Bisa dibilang sekarang ini profesi food vlogger/blogger semakin diminati karena ada beberapa keuntungan. Misalnya kamu akan diundang dan dibiayai untuk mencicipi aneka macam kuliner di berbagai tempat.

Selain itu, kamu bisa ketemu dengan ahli di bidang kuliner yang sudah ternama, misalnya koki terkenal. Otomatis lama-kelamaan kamu juga akan ikut semakin dikenal publik melalui konten yang disampaikan di blog dan media sosial.

4. Food photographer

Tidak bisa dimungkiri, profesi ini sulit dipisahkan dari perkembangan bisnis kuliner hingga saat ini. Sebab, makanan dan minuman yang disajikan dalam bisnis kuliner harus dipromosikan untuk menarik konsumen. Salah satu promosinya melalui fotografi.

Baca juga: 5 Pilihan Prodi Soshum yang Masih Dilirik Perusahaan Migas

Mau tidak mau, seorang food photographer sangat diperlukan karena berperan membuat kenikmatan suatu makanan begitu terasa menonjol dan terlihat lezat dipandang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com