Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2019, 19:39 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejak dahulu sampai sekarang, perusahaan minyak bumi dan gas (migas) merupakan incaran banyak mahasiswa yang lulus dari jurusan teknik.

Beberapa jurusan teknik yang menghasilkan lulusan untuk bekerja di perusahaan migas antara lain teknik perminyakan, geologi, geodesi, teknik kelautan, perpipaan, teknik perkapalan, dan teknik lingkungan.

Namun, wajib diketahui bahwa perusahaan migas tidak hanya membutuhkan lulusan dari jurusan yang berasal dari bidang sains dan teknologi itu. Ternyata jurusan di bidang sosial dan humaniora pun banyak dibutuhkan.

Seperti dirangkum dari situs Rencanamu.id, berikut ini lima jurusan sosial dan humaniora yang lulusan juga diminati oleh perusahaan migas:

1. Manajemen

Mahasiswa yang kuliah di jurusan manajemen mempelajari tentang pengelolaan perusahaan dan organisasi. Sebagai bagian dari bidang ekonomi dan bisnis, manajemen dalam hal ini dimaksudkan untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur proses dalam suatu perusahaan demi tercapainya tujuan bisnis.

Baca juga: Bingung Memilih Jurusan, Berikut 6 Pekerjaan untuk Ahli Komputer

Itulah yang membuat mahasiswa jurusan manajemen cocok untuk bekerja di perusahaan migas karena diharapkan mampu membuat perencanaan dan melakukan pengelolaan dari hulu sampai hilir.

2. Bisnis hukum

Jurusan ini memberi bekal ilmu pengetahuan kepada mahasiswanya tentang teori dan praktik hukum dalam kegiatan bisnis. Mahasiswanya mempelajari mengenai hak dan kekayaan intelektual, perdagangan internasional, hukum dan korporasi, serta bisnis elektronik.

Materi kuliahnya pun bukan hanya teori, melainkan praktik dengan melakukan studi kasus masalah hukum bisnis. Artinya, hal itu berhubungan erat dengan masalah hukum dan legalitas suatu perushaan.

Tidak heran bila perusahaan migas pun membutuhkan para lulusan jurusan tersebut karena merekalah yang memahami berbagai urusan tentang hukum di bidang bisnis.

3. Akuntansi

Sebagai mahasiswa jurusan akuntansi, kamu akan belajar tentang prinsip dan teori akuntansi, serta fungsi dan cara menerapkannya dalam bisnis.

Ada berbagai macam sub-bidang ilmunya, misalnya akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, akuntansi pajak, hukum akuntansi, pengendalian anggaran, audit, perencanaan dan konsultasi, analisis laporan, serta standar profesi dan etika.

Dari beragam materi yang dipelajari itu, kamu bisa mengetahui betapa pentingnya mahasiswa lulusan akuntansi bagi suatu perusahaan migas. Mereka akan berperan mencatat dan mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Keuangan itu meliputi antara lain sistem penggajian, pembagian keuntungan, penggunaan peralatan baik yang dibeli maupun disewa, dan berbagai keperluan lain.

4. Administrasi bisnis

Materi kuliah yang didapat oleh mahasiswa jurusan ini yaitu berkaitan dengan pemasaran, pengelolaan keuangan, personalia (sumber daya manusia), dan aktivitas produksi.

Selain itu, mahasiswa administrasi bisnis juga belajar tentang pengelolaan sarana dan prasarana kantor, klerikal, pemrosesan data, dan manajemen informasi yang berhubungan dengan kegiatan bisnis perusahaan.

Maka dari itu, perusahaan migas membutuhkan lulusan administrasi bisnis karena dianggap memahami berbagai macam urusan keuangan perusahaan, data, dokumentasi, dan hal lain yang berkaitan.

5. Psikologi

Jangan heran kalau lulusan jurusan psikologi juga dibutuhkan oleh perusahaan migas. Dilihat dari materi kuliahnya, jurusan ini mengajarkan tentang kepribadian, pikiran, dan perilaku manusia.

Tidak jarang bahwa ilmu psikologi digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan kompleksitas kegiatan manusia, misalnya pendidikan, olahraga, dan perekonomian, termasuk bisnis perusahaan.

Di sinilah perlunya lulusan psikologi karena perusahaan migas membutuhkannya untuk menyelesaikan problem tentang sumber daya manusia dan ketenagakerjaan. Kualitas tenaga kerja yang semakin baik akan semakin memberikan manfaat dan menunjang kinerja suatu perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com