5 Pilihan Prodi Soshum yang Masih Dilirik Perusahaan Migas

Kompas.com - 21/09/2019, 19:39 WIB
Studi ilmu sosial. Rencanamu.idStudi ilmu sosial.

KOMPAS.com – Sejak dahulu sampai sekarang, perusahaan minyak bumi dan gas ( migas) merupakan incaran banyak mahasiswa yang lulus dari jurusan teknik.

Beberapa jurusan teknik yang menghasilkan lulusan untuk bekerja di perusahaan migas antara lain teknik perminyakan, geologi, geodesi, teknik kelautan, perpipaan, teknik perkapalan, dan teknik lingkungan.

Namun, wajib diketahui bahwa perusahaan migas tidak hanya membutuhkan lulusan dari jurusan yang berasal dari bidang sains dan teknologi itu. Ternyata jurusan di bidang sosial dan humaniora pun banyak dibutuhkan.

Seperti dirangkum dari situs Rencanamu.id, berikut ini lima jurusan sosial dan humaniora yang lulusan juga diminati oleh perusahaan migas:

1. Manajemen

Mahasiswa yang kuliah di jurusan manajemen mempelajari tentang pengelolaan perusahaan dan organisasi. Sebagai bagian dari bidang ekonomi dan bisnis, manajemen dalam hal ini dimaksudkan untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur proses dalam suatu perusahaan demi tercapainya tujuan bisnis.

Baca juga: Bingung Memilih Jurusan, Berikut 6 Pekerjaan untuk Ahli Komputer

Itulah yang membuat mahasiswa jurusan manajemen cocok untuk bekerja di perusahaan migas karena diharapkan mampu membuat perencanaan dan melakukan pengelolaan dari hulu sampai hilir.

2. Bisnis hukum

Jurusan ini memberi bekal ilmu pengetahuan kepada mahasiswanya tentang teori dan praktik hukum dalam kegiatan bisnis. Mahasiswanya mempelajari mengenai hak dan kekayaan intelektual, perdagangan internasional, hukum dan korporasi, serta bisnis elektronik.

Materi kuliahnya pun bukan hanya teori, melainkan praktik dengan melakukan studi kasus masalah hukum bisnis. Artinya, hal itu berhubungan erat dengan masalah hukum dan legalitas suatu perushaan.

Tidak heran bila perusahaan migas pun membutuhkan para lulusan jurusan tersebut karena merekalah yang memahami berbagai urusan tentang hukum di bidang bisnis.

3. Akuntansi

Sebagai mahasiswa jurusan akuntansi, kamu akan belajar tentang prinsip dan teori akuntansi, serta fungsi dan cara menerapkannya dalam bisnis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X