Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Perbedaan Program S1 dan D4

Kompas.com - 12/02/2020, 16:02 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sama-sama kuliah selama empat tahun dan mendapat gelar sarjana, nyatanya ada perbedaan kemampuan bila kamu mengambil jurusan atau program studi (prodi) dengan jenjang sarjana (S1) dengan sarjana terapan (D4).

Umumnya, perguruan tinggi kedinasan menggunakan jenjang sarjana terapan ketimbang sarjana. Misalnya, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menyelenggarakan D-IV Akuntansi dan bukan S1 seperti di perguruan tinggi negeri (PTN).

Melansir UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dijelaskan dalam pasal 18 bahwa S1 atau program sarjana merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Sedangkan dalam pasal 21 dituliskan, D4 atau sarjana terapan masuk dalam program diploma atau pendidikan vokasi bertujuan mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga: Pilihan Jurusan untuk Profesi Bidang Data Science Bergaji Dua Digit

Dengan kata lain, program sarjana S1 menitikberatkan pada teori, dan program diploma D4 fokus untuk menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya.

Perbandingan komposisi teori dan praktik

Merangkum dari Rencanamu.id, S1 menitikberatkan pada teori ketimbang praktik dengan komposisi 60 persen teori dan 40 persen praktik. Sebaliknya, D4 justru memiliki komposisi praktik sebesar 60 persen dan teori sebesar 40 persen.

Tak hanya komposisi, nama jurusan juga kerap berbeda walau keseluruhan meteri yang berikan sama. Misalnya, untuk jenjang S1 Teknik Sipil, di D4 menjadi Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil. Untuk S1 Akuntansi, di D4 menjadi Akuntansi Sektor Sipil.

Baca juga: 7 dari 10 Profesi Paling Bersinar 2022 Butuh Skill dari Jurusan Ini

Walau begitu ada pula yang sama persis, misalnya D4 Kebidanan Universitas Padjadjaran dan S1 Kebidanan di Universitas Airlangga. Bedanya, penekanan studi S1 Kebidanan fokus pada keilmuannya sementara D4 Kebidanan pada praktiknya.

Namun, baik lulusan S1 maupun D4 sama-sama bisa menjalani profesi dan bisa pula meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi hingga mendapatkan gelar magister terapan atau doktor terapan.

Beda gelar

Perbedaan lain antara D4 dan S1 adalah gelar lulusannya. Lulusan S1 umumnya bergelar sarjana diikuti sesuai prodi atau jurusan yang diambil. Misalnya S.Keb (Sarjana Kebidanan) atau ST (Sarjana Teknik), atau Sarjana Seni.

Sementara gelar lulusan D4 adalah Sarjana Sains Terapan (S Tr.) diikuti prodi atau bidang studi yang diambil, contohnya S Tr.T (Sarjana Terapan Teknik) atau S Tr. Keb (Sarjana Terapan Kebidanan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com